Rasanya Menjadi Penumpang di Kia Sonet 7-Seater

Kompas.com - 09/06/2021, 19:31 WIB
Review Kia Sonet 7 Seater. SUV kompak dengan tujuh tempat duduk, pilihan menarik di kelasnya Review Kia Sonet 7 Seater. SUV kompak dengan tujuh tempat duduk, pilihan menarik di kelasnya
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Kia Sonet berkapasitas tujuh penumpang atau 7-seater di Tanah Air memberikan kesan tersendiri bagi para pecintanya. Sebab model ini menjawab sebagian banyak permintaan pasar.

Namun, prihal akomodasi atau kelapangan kabinnya terbilang cukup tricky seiring tidak ada perubahan pada dimensi di salah satu sport utility vehicle (SUV) kompak pertama di Indonesia tersebut.

Artinya, Anda harus memilih, ingin membawa penumpang banyak (lebih dari lima) atau barang banyak. Cukup sulit untuk memenuhi permintaan terkait sekaligus.

Baca juga: Menilik Penyesuaian Desain Kia Sonet 7 Penumpang

Kapasitas bagasi Kia Sonet 7-SeaterKOMPAS.com/Ruly Kapasitas bagasi Kia Sonet 7-Seater

Lantas bagaimana rasanya bila mobil ditempati oleh penumpang secara penuh? Dalam hal ini, tim Kompas.com melakukan pengujian Sonet 7-seater di dalam kota DKI Jakarta.

Pertama, mari berbicara terkait menjadi penumpang di kursi baris ketiga dari Sonet tujuh penumpang. Sejauh perjalanan, duduk di bagian ini memang bukan yang terbaik di kelasnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan tinggi 170 cm dan berat 55 kg, ruang kaki dan kepala begitu terasa rapat. Sehingga, penumpang menjadi terlalu banyak bergerak agar tubuh tidak terasa cepat pegal.

Meski demikian, kompartemen di kursi baris ketiga cukup lengkap termasuk hembusan angin yang diterimanya dari air flow pada baris kedua yang menggantikan sun roof.

Baca juga: Seberapa Luas Akomodasi Kia Sonet 7-Seater?

Air Flow pada Kia Sonet 7-SeaterKOMPAS.com/Ruly Air Flow pada Kia Sonet 7-Seater

Dalam perjalanan jauh, disarankan bagian ini diisi oleh anak-anak yang memiliki postur tubuh lebih kecil atau hanya cukup diisi oleh satu penumpang dewasa saja agar lebih nyaman.

Pada baris kedua, perasaan lega masih dirasa. Tetapi, dikarenakan terdapat penyesuaian pada busa jok, beberapa kali perasaan tidak nyaman turut hadir sebagai konsekuensi.

Untuk media hiburan, baik pada kursi baris kedua maupun ketiga terbilang minim. Tapi sebagai gantinya, penumpang disajikan oleh USB charging agar tidak mati gaya selama perjalanan.

Sementara mengenai bantingan suspensi mobil cukup terasa dari kedua bagian kursi penumpang ini. Tapi khusus penumpang paling belakang, hati-hati kepala mengenai atap.

Baca juga: [VIDEO] Impresi KIA Sonet 7 Seater, SUV Kompak Makin Banyak Penumpang

Review Kia Sonet 7 Seater. SUV kompak dengan tujuh tempat duduk, pilihan menarik di kelasnya Review Kia Sonet 7 Seater. SUV kompak dengan tujuh tempat duduk, pilihan menarik di kelasnya

Kendati begitu, tidak dirasa gejala limbung yang berlebihan dari mobil saat bermanuver di kecepatan menengah. Pun demikian tentang noise atau suara mengganggu mesin, tidak begitu mengganggu.

Sementara bagi penumpang baris pertama atau paling depan, rasa yang hadir sangat berbeda. Begitu nyaman dan banyak hal yang bisa dilakukan seperti mengatur suhu ruangan, memilih radio, sampai menyetel GPS.

Untuk diketahui, dimensi Sonet 7-Seater ialah, panjang 4.120 mm, Lebar 1.790 mm, dan tinggi 1615 mm. Serupa dengan model lima penumpangnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X