Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Rantai Sepeda Motor Tidak Mudah Berkarat, Ini Tipsnya

Kompas.com - 09/06/2021, 19:22 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Komponen rantai pada sepeda motor jadi salah satu bagian yang vital. Sebab komponen rantai ini menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang agar sepeda motor dapat berjalan.

Meski pada Juni ini sudah memasuki musim kemarau, masih ada beberapa daerah yang terguyur hujan. Kombinasi air hujan dan cuaca panas di awal kemarau ini berisiko membuat rantai motor makin mudah teroksidasi dan berkarat.

Oleh karena itu, seusai motor kehujanan atau melibas kubangan air, segera cuci sepeda motor dengan air bersih.

Baca juga: Mengenal Marka Chevron yang Sering Ditemui di Jalan Tol

Dwi Suwanto selaku Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha area Surabaya pun memberikan saran mengenai perawatan rantai sepeda motor.

"Secara standar perawatan setiap 500 kilometer rantai diberi pelumas. Standarnya pakai produk pelumas rantai atau pakai oli mesin yang baru," kata Dwi kepada Kompas.com, Rabu (9/6/2021).

Rantai sepeda motor.Shutterstock Rantai sepeda motor.

Selanjutnya, ada pula anggapan dari beberapa pemilik kendaraan bahwa melumasi rantai sepeda motor bisa menggunakan oli gardan mobil. Menurut Dwi, penggunaan oli gardan mobil untuk melumasi rantai sepeda motor boleh saja tapi ada syaratnya.

Baca juga: Spesifikasi Skuter Listrik Piaggio One

"Kalau mau pakai oli gardan mobil boleh juga, asalkan memakai oli yang baru," kata Dwi lebih lanjut.

Penggunaan oli bekas untuk melumasi rantai akan membuat rantai jadi semakin kotor karena di dalam oli bekas sendiri terdapat debu-debu yang sudah menempel.

Dwi tetap menyarankan untuk memakai produk pelumas khusus rantai karena pelumas model tersebut didesain lebih encer dan sudah disesuaikan dengan penggunaan untuk melumasi rantai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com