Agar Rantai Sepeda Motor Tidak Mudah Berkarat, Ini Tipsnya

Kompas.com - 09/06/2021, 19:22 WIB
Rantai motor berkarat rpmsuper.comRantai motor berkarat

SURABAYA, KOMPAS.com - Komponen rantai pada sepeda motor jadi salah satu bagian yang vital. Sebab komponen rantai ini menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang agar sepeda motor dapat berjalan.

Meski pada Juni ini sudah memasuki musim kemarau, masih ada beberapa daerah yang terguyur hujan. Kombinasi air hujan dan cuaca panas di awal kemarau ini berisiko membuat rantai motor makin mudah teroksidasi dan berkarat.

Oleh karena itu, seusai motor kehujanan atau melibas kubangan air, segera cuci sepeda motor dengan air bersih.

Baca juga: Mengenal Marka Chevron yang Sering Ditemui di Jalan Tol

Dwi Suwanto selaku Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha area Surabaya pun memberikan saran mengenai perawatan rantai sepeda motor.

"Secara standar perawatan setiap 500 kilometer rantai diberi pelumas. Standarnya pakai produk pelumas rantai atau pakai oli mesin yang baru," kata Dwi kepada Kompas.com, Rabu (9/6/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rantai sepeda motor.Shutterstock Rantai sepeda motor.

Selanjutnya, ada pula anggapan dari beberapa pemilik kendaraan bahwa melumasi rantai sepeda motor bisa menggunakan oli gardan mobil. Menurut Dwi, penggunaan oli gardan mobil untuk melumasi rantai sepeda motor boleh saja tapi ada syaratnya.

Baca juga: Spesifikasi Skuter Listrik Piaggio One

"Kalau mau pakai oli gardan mobil boleh juga, asalkan memakai oli yang baru," kata Dwi lebih lanjut.

Penggunaan oli bekas untuk melumasi rantai akan membuat rantai jadi semakin kotor karena di dalam oli bekas sendiri terdapat debu-debu yang sudah menempel.

Dwi tetap menyarankan untuk memakai produk pelumas khusus rantai karena pelumas model tersebut didesain lebih encer dan sudah disesuaikan dengan penggunaan untuk melumasi rantai.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X