Kenapa Kampas Rem Depan Mobil Lebih Cepat Aus Dibanding Belakang

Kompas.com - 09/06/2021, 11:42 WIB
Ilustrasi piringan cakram, kaliper, dan kampas rem mobil Dok. Daihatsu IndonesiaIlustrasi piringan cakram, kaliper, dan kampas rem mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Kampas rem jadi salah satu komponen yang berperan penting mengurangi laju mobil. Tanpa kampas rem yang baik, laju mobil bakal sulit dikurangi kecepatannya.

Salah satu gejala rem kurang pakem, bisa jadi berasal dari habisnya kampas rem. Jika diperhatikan lebih detail, biasanya kampas rem depan lebih cepat habis atau aus ketimbang yang belakang. Apa alasannya?

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra, mengatakan, kampas rem depan lebih cepat aus karena distribusi rem depan yang lebih besar dibanding rem belakang.

Baca juga: Tol Japek II Lanjut Pembangunan, Alternatif ke Purwakarta dan Bandung

Fitur pengereman otomatis pada Honda Accord terbaruKompasOtomotif - AFH Fitur pengereman otomatis pada Honda Accord terbaru

“Distribusi rem antara 60 persen depan dan 40 persen belakang (60:40) atau 70:30 tergantung dari kendaraannya,” ucap Didi kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selain itu, distribusi rem ini juga disebabkan karena beban yang didapatkan roda depan lebih besar dibanding belakang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh sebab itu, Didi menyarankan agar kampas rem depan maupun belakang diperiksa setiap 10.000 km.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ban Ternyata Punya Batas Kecepatan Maksimum

Ilustrasi kampas rem mobilDok. Toyota Astra Ilustrasi kampas rem mobil

Kemudian, penggantian kampas rem juga harus diganti secara bersamaan. Misal ketika mengganti kampas rem depan, sebaiknya sekaligus ganti kampas rem kedua roda depan.

“Biasanya yang diganti itu dua sekaligus atau sepasang, kalau bagian depan ya yang kiri dan kanan diganti. Karena kiri dan kanan habisnya biasanya bersamaan,” kata Didi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X