Tol Japek II Lanjut Pembangunan, Alternatif ke Purwakarta dan Bandung

Kompas.com - 08/06/2021, 13:21 WIB
Pembangunan Tol Japek II Dok. Jasa MargaPembangunan Tol Japek II
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui kelompok usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) terus melanjutkan pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan.

Hingga awal Juni 2021, kelanjutan pembebasan lahan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Seksi 3 (Taman Mekar – Sadang) telah mencapai 86,82 persen sedangkan progress konstruksinya mencapai 46,74 persen.

Bambang Sulistyo, Direktur Teknik PT Jasamarga Japek Selatan (JJS), mengatakan, saat ini pembangunan Tol Japek II diprioritaskan di Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta (Seksi 2 dan Seksi 3).

Baca juga: Benarkah Mobil Parkir Lama Harus Buka Sedikit Kaca Jendela?

Ilustrasi pembangunan Tol Japek IIDok. Jasa Marga Ilustrasi pembangunan Tol Japek II

Tepatnya konstruksi dari Setu di Kabupaten Bekasi hingga Sadang di Kabupaten Purwakarta. Selain itu, Tol Japek II juga bakal terintegrasi dengan jaringan Jalan Tol Purbaleunyi dan JORR 2 Jalan Tol Cimanggis-Cibitung.

“Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan memiliki panjang 62 Km yang terdiri atas 3 Seksi,” ujar Bambang, dalam keterangan tertulis (8/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, Seksi 1 mulai dari Jati Asih menuju Setu sepanjang 9,3 Km, masuk ke dalam wilayah Kota Bekasi dan Kab. Bogor.

Baca juga: Tanggapan Ducati Indonesia soal Streetfighter V4S yang Ditilang

Pembangunan Tol Japek IIDok. Jasa Marga Pembangunan Tol Japek II

Kemudian, Seksi 2 dari Setu menuju ke Taman Mekar sepanjang 24,85 Km, masuk ke dalam wilayah Kab. Bekasi.

Serta Seksi 3 dari Taman Mekar menuju Sadang sepanjang 27,85 Km, masuk ke dalam wilayah Kab. Karawang dan Kab. Purwakarta.

Bambang menambahkan, secara kumulatif dari ketiga seksi tersebut, pembebasan lahan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan mencapai 51,51 persen.

Baca juga: Pengendara Motor Keberatan Ditilang, Silakan Ajukan Kasasi ke MA

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung.Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalan Tol Cimanggis-Cibitung.

PT JJS juga terus berkoordinasi dengan PPK Pengadaan Tanah guna memperlancar pembayaran Uang Ganti Kerugian (UGK) kepada masyarakat atau pihak-pihak terdampak pembangunan jalan tol ini terus melakukan proses administrasi hingga proses musyawarah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.