Quartararo Kecewa Diganjar Penalti pada MotoGP Catalunya

Kompas.com - 09/06/2021, 07:42 WIB
Fabio Quartararo saat balapan pada MotoGP Catalunya 2021. (Photo by LLUIS GENE / AFP) LLUIS GENEFabio Quartararo saat balapan pada MotoGP Catalunya 2021. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Quartararo mengaku kesal dan kecewa diberikan hukuman penalti karena dianggap memotong tikungan 1-2 di putaran ke-21 saat MotoGP Catalunya pekan lalu.

Kesimpulan tersebut diambil menyusul insiden terbukanya wearpack atau baju balap dari pebalap Monester Energy Yamaha ini. Adapun hukumannya ialah dua penalti, masing-masing tiga detik.

"Satu penalti yang saya tidak setuju adalah soal memotong jalur karena saya merasa itu tidak adil. Saya kehilangan 0,7 detik padahal bila saya kehilangan satu detik, penalti itu hilang," katanya dilansir GPOne, Selasa (8/6/2021).

Baca juga: Penjelasan Quartararo Penyebab Wearpack Terbuka hingga Lepas Pelindung

Rider Yamaha Fabio Quartararo membuka retsleting depan bajunya pada sesi-sesi akhir MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021).MOTOGP Rider Yamaha Fabio Quartararo membuka retsleting depan bajunya pada sesi-sesi akhir MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021).

"Bagaimana saya bisa tahu di atas motor bahwa saya kehilangan 0,7 detik?" lanjut Quartararo.

Ia pun merasa marah tetapi pencapaian di seri tersebut masih lebih baik dibandingkan tidak mengumpulkan poin sama sekali ataupun didiskualifikasi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, banyak pihak yang meminta Quartararo didiskualifikasi usai kejadian baju balap terbuka dan dilepaskannya pelindung dada pada lap-lap akhir.

Quartararo sejatinya jadi pembalap ketiga yang melintasi garis finis. Namun hukuman dua penalti itu membuat Quartararo berada di posisi keenam.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2021 Setelah Quartararo Dapat Penalti Lagi

Fabio QuartararoFoto: Tangkapan layar akun Twitter @FabioQ20 Fabio Quartararo

Dari hitungan poin, Quartararo kehilangan enam poin akibat dua penalti yang didapat. Alhasil ia kini hanya berjarak 14 poin dari Johann Zarco yang ada di posisi kedua klasemen MotoGP 2021.

"Saya tidak tahu apa yang terjadi. Dengan sisa lima lap, wearpack benar-benar terbuka dan ritsleting tidak bisa ditarik ke atas. Tidak mudah untuk balapan seperti itu, tapi itu terjadi. Saya tidak bisa bicara lebih detail, karena saya tidak tahu lagi," katanya di pit.



Sumber GPone
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X