Banyak yang Belum Tahu, Ban Ternyata Punya Batas Kecepatan Maksimum

Kompas.com - 08/06/2021, 11:42 WIB
ban mobil baru Kompas.com/Fathan Radityasaniban mobil baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan komponen vital pada kendaraan baik roda dua maupun roda empat, karena bersentuhan langsung dengan aspal.

Demi alasan keamanan, pengemudi sebaiknya memahami dengan benar spesifikasi ban, salah satunya adalah batas kecepatan pada sebuah ban.

Informasi tersebuut bsia diketahui melalui kode huruf yang ada pada dinding ban.

Tidak hanya itu saja, pada dinding ban juga bisa diketahui kode kompon hingga arah rotasi.

Baca juga: Sering Terjadi Kecelakaan, Perlunya Kontrol Emosi di Perempatan Jalan

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, batas kecepatan pada sebuah ban biasanya ditandai oleh huruf.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penanda kecepatan dimulai dengan huruf A sebagai yang paling rendah dan Y sebagai yang tertinggi. Artinya setiap ban memiliki kecepatan maksimum yang berbeda.

Sebagai contoh ban spesifikasi K memiliki batas kecepatan 110 Kpj, sedangkan L memiliki batas kecepatan 120 Km per-jam.

speed symbolKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda speed symbol

“Misalnya, ban Toyota Innova 205/65 R16 95H. Artinya batas kecepatan mobil ini adalah 210 Kpj,” kata Zulpata saat dihubungi Kompas.com pekan lalu.

Setiap tipe ban juga dikembangkan menurut kebutuhan dan peruntukkannya. Meski secara kasat mata bentuknya terlihat sama, namun jika dilihat secara seksama memiliki perbedaan.

Baca juga: Deretan Fitur Canggih Raize dan Magnite, Siapa Lebih Unggul?

Spesifikasi L biasanya cocok digunakan untuk mobil off-road atau truk ringan, sedangkan Y digunakan untuk mobil sport.

“Jika pengemudi memacu kecepatan hingga 170 Kpj namun menggunakan ban dengan kode P, maka gejala yang timbul adalah mobil terasa goyah karena sudah mencapai kecepatan yang maksimal,” ucap Zulpata.

Meskipun setiap ban memiliki batas kecepatan yang sudah ditentukan, tidak disarankan bagi pengemudi untuk berkendara hingga titik tersebut. Mengingat adanya aturan lalu lintas yang harus dipatuhi demi keamanan berkendara.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X