Intip Fungsi Tombol pada Motor Balap MotoGP

Kompas.com - 21/05/2021, 14:01 WIB
Fungsi tombol pada motor balap MotoGP Boxrepsol.comFungsi tombol pada motor balap MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor balap MotoGP merupakan motor purwarupa yang dibekali dengan beragam sensor dan sistem komputer yang canggih. Tombol atau saklar pada setangnya tentu berbeda dari motor jalanan pada umumnya.

Dikutip dari Boxrepsol.com, Jumat (21/5/2021), tombol-tombol yang ada pada setang dan panel instrumen memiliki banyak fungsi. Salah satunya adalah mengubah setting motor.

Saat balapan, kondisi motor bisa mengalami banyak perubahan, mulai dari permukaan trek, kondisi ban, kondisi rem, dan lainnya.

Baca juga: Permasalahan Ban Aus, Bikin Pebalap MotoGP Melambat

Pebalap tidak bisa berhenti di pit lane untuk mengatur ulang motornya selama balapan. Untuk itu, para pebalap harus bermain dengan elektronik menggunakan ibu jarinya.

Sebelum balapan dimulai, motor sudah dikonfigurasi menggunakan data yang dikumpulkan selama sesi latihan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat balapan dimulai, semua terserah pebalap mengatur setting motornya. Selain itu, pengaturan tersebut juga harus dilakukan saat mengendarai motor dengan kecepatan tinggi.

Fungsi tombol pada motor balap MotoGPBoxrepsol.com Fungsi tombol pada motor balap MotoGP

Penyesuaian ECU

ECU memungkinkan konfigurasi kontrol traksi, anti-wheelie, tenaga mesin, dan sistem pengereman. Selain itu, ada juga fungsi lain, yakni anti-jerk atau pembatas kecepatan pitlane.

Setting ini dapat berubah tergantung di mana pebalap berada di sirkuit. Artinya, ada lusinan skenario untuk dipilih selama satu lap.

Pebalap memiliki serangkaian tombol di setang yang memungkinkan mereka memilih setting dan sistem yang ingin mereka ubah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.