Cara Merawat Sarung Tangan Motor supaya Awet

Kompas.com - 21/05/2021, 12:02 WIB
Ilustrasi sarung tangan berkendara IstimewaIlustrasi sarung tangan berkendara

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perlengkapan berkendara yang juga penting adalah sarung tangan. Tapi, pelindung tangan ini tak jarang diabaikan penggunanya.

Sarung tangan saat dipakai berkendara terpapar debu-debu di jalanan. Tentunya harus sering dibersihkan, apalagi di masa pandemi ini.

Sayangnya, banyak pengendara yang tak memikirkan kebersihan sarung tangan, karena hanya digunakan saat naik motor. Selain itu, jarang ada yang memiliki sarung tangan beberapa pasang.

Baca juga: Jangan Pakai Sarung Tangan Motor Model Buntung

Johannes Lucky, Safety Riding Manager AHM, mengatakan, perawatan sarung tangan minimal dilakukan sebanyak dua kali sampai tiga kali dalam seminggu.

"Caranya, rendam sarung tangan di dalam campuran air hangat yang ditambahkan dengan sabun cuci tangan atau sabun bayi selama 5-10 menit," ujar Lucky, dalam keterangan resminya, beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi sarung tangan berkendaraIstimewa Ilustrasi sarung tangan berkendara

Lucky menambahkan, bersihkan perlahan-lahan dengan menggunakan tangan agar tidak merusak lapisan protector pada sarung tangan. Jangan gunakan sikat dalam proses pembersihan karena dapat mengakibatkan kerusakan pada sarung tangan.

"Bilas sarung tangan dengan air bersih. Khusus untuk bahan kulit, bersihkan sarung tangan tanpa merendamnya dalam air untuk menghindari kerusakan pada lapisan kulit," kata Lucky.

Baca juga: Cara Memilih Sarung Tangan Motor untuk Harian

Saat pengeringan, Lucky menyarankan, untuk bahan kain dapat dikeringkan di bawah sinar matahari. Untuk sarung tangan berbahan kulit, proses pengeringan tidak dilakukan di bawah sinar matahari dan cukup mengandalkan hembusan angin hingga benar-benar kering.

Pastikan kering hingga sisi dalam sarung tangan. Tidak perlu diperas agar tetap menjaga kualitas bahan kulit.

“Perawatan sarung tangan sangatlah penting untuk menjaga kualitas sarung tangan, mencegah bau dan berkembangnya kuman di dalam sarung tangan,” ujar Lucky.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.