H-1 Lebaran, 431.768 Kendaraan Telah Melintas di Tol Trans-Sumatera

Kompas.com - 13/05/2021, 15:31 WIB
Ditlantas Polda Lampung memeriksa kesiapan pos pengamanan di Pelabuhan Bakauheni menjelang libur panjang, 28 - 31 Oktober 2020. (FOTO: Dok. Ditlantas Polda Lampung) KOMPAS.com/TRI PURNA JAYADitlantas Polda Lampung memeriksa kesiapan pos pengamanan di Pelabuhan Bakauheni menjelang libur panjang, 28 - 31 Oktober 2020. (FOTO: Dok. Ditlantas Polda Lampung)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) mencatat sedikitnya sudah ada 431.768 unit kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) sampai H-1 Lebaran 1442 H, Rabu (12/5/2021) pagi.

Angka tersebut turun sebesar 89.266 kendaraan atau 17,13 persen dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) dibanding sebelum adanya larangan mudik Lebaran atau 521.034 unit kendaraan.

Sehingga, bisa dinyatakan bahwa operasional pos penyekatan tahun ini berjalan optimal guna menekan mobilitas mudik, sebagaimana dikatakan Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J Aries Dewantoro.

Baca juga: Polisi Bakal Tutup Akses Menuju Destinasi Wisata Selama Libur Lebaran

PT Hutama Karya (Persero) mencatat sebanyak 651.298 kendaraan melintasi Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) baik pada ruas yang sudah beroperasi penuh maupun ruas fungsional. Dok. SEVP of Corporate Secretary PT Hutama Karya (Persero) PT Hutama Karya (Persero) mencatat sebanyak 651.298 kendaraan melintasi Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) baik pada ruas yang sudah beroperasi penuh maupun ruas fungsional.

"Penurunan ini tidak lepas dari adanya larangan mudik dari pemerintah yang cukup dipatuhi oleh masyarakat," kata dia dalam siaran pers, Rabu.

Adapun jumlah itu, lanjut Aries, merupakan akumulasi LHR kendaraan yang masuk melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan di Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, GT Terbanggi Besar di Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-KayuAgung, GT Palembang di Tol Palembang-Indralaya, GT Pekanbaru di Tol Pekanbaru-Dumai, dan GT Blang Bintang di Tol Sigli-Sigli Banda Aceh Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang.

"Adapun ruas tol di JTTS yang mengalami penurunan paling signifikan yakni Tol Pekanbaru-Dumai sebanyak 40,39 persen," ujarnya.

Baca juga: Kenali Penyebab Bercak Karat pada Piringan Cakram

Satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah, pos penyekatan di pintu Suramadu sisi Surabaya dipenuhi dengan pengendara sepeda motor yang hendak melaju ke arah Madura, Rabu (12/5/2021).KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN Satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah, pos penyekatan di pintu Suramadu sisi Surabaya dipenuhi dengan pengendara sepeda motor yang hendak melaju ke arah Madura, Rabu (12/5/2021).

Kemudian hingga Selasa (11/5/2021), Aries mencatat total ada 519 unit kendaraan yang diputarbalikkan dari 3.840 kendaraan yang diperiksa.

Kendaraan yang diputarbalikkan tersebut dikarenakan tidak dapat menunjukkan surat izin keluar masuk (SIKM) dan hasil negatif Covid-19 berbasis tes RT-PCR.

"Hasil negatif Covid-19 dari RT-PCR itu maksimum 3x24 jam atau rapid antigen maksimum 2x24 jam. Bisa juga pakai hasil negatif GeNose C19," kata Aries.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.