Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2021, 13:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen berkendara menggunakan mobil saat musim libur Lebaran bisa jadi aktivitas menyenangkan bagi keluarga, tapi khusus pengemudi sepertinya tidak selalu begitu.

Pasalnya, kunci keselamatan saat berkendara ada di tangan pengemudi, maka itu ada berbagai hal yang perlu diperhatikan, terutama dalam mengantisipasi kelelahan.

Pebalap Nasional Rifat Sungkar, mencoba menjelaskan faktor penyebab, dampak, dan cara menyiasati kelelahan pengemudi.

Pertama,  kelelahan artinya sebagai kondisi saat pengemudi mulai kehilangan kewaspadaan. Dampaknya bisa menyebabkan kantuk atau bahkan tertidur saat mengemudi.

Baca juga: Promo Lebaran dari Peugeot, Uang Muka Cuma Rp 19 Juta

Kelelahan juga bisa mengakibatkan hilangnya penilaian dan respon atas kondisi jalan, tentu saat terjadi kemampuan mengemudi jadi menurun.

Rifat mengatakan, ketika pengemudi lelah memiliki risiko mengalami kecelakaan 20 kali lipat lebih besar dibanding saat bugar. Berikut tiga faktor penyebab kelelahan;

Ilustrasi mengantuk saat berkendaraalbayan Ilustrasi mengantuk saat berkendara

1. Kurang tidur

Tubuh manusia butuh istirahat. Obat paling mujarab untuk mengatasi kantuk karena kelelahan adalah tidur. Perlu diperhatikan juga akumulasi kurangnya waktu tidur bisa berakibat kelelahan datang lebih sering.

2. Kerja atau aktivitas berlebih

Mengemudi termasuk aktivitas melelahkan, pasalnya saat berada di belakang kemudi semua indera selalu sigap dan tergolong cepat membuat tubuh menghabiskan energi.

Baca juga: Rayakan Ultah 75 Tahun, Vespa Primavera dan Sprint Punya Warna Baru

3. Kesehatan
Perlu dipahami juga, faktor kesehatan memengaruhi seberapa cepat lelah datang.

“Apakah kita kurang sehat ketika berkendara atau sedang mengkonsumsi obat-obatan dari dokter,” kata Rifat kepad Kompas.com pekan lalu.

Jika kurang tidur, pengemudi harus lebih meningkatkan kewaspadaan dan lebih berhati-hati, kerja seperti ini butuh asupan makanan yang cukup serta tidak berlebihan. Kunci untuk mengatasi kelelahan hanya ada satu cara yaitu beristirahat dan mendapat tidur yang cukup.

“Tujuh setengah jam merupakan waktu yang harus Anda gunakan untuk tidur dan istirahat,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com