Boleh Mudik Lokal, Ini Harga Sewa Mobil Low MPV di Solo

Kompas.com - 05/05/2021, 17:01 WIB
Jejeran Mobil Yang disewakan milik Metro 38, Gunungkidul, Yogyakarta. Saat Libur lebaran Laris Disewa Para Pemudik Kompas.com/Markus YuwonoJejeran Mobil Yang disewakan milik Metro 38, Gunungkidul, Yogyakarta. Saat Libur lebaran Laris Disewa Para Pemudik

SOLO, KOMPAS.com - Larangan mudik mulai diberlakukan Kamis (6/5/2021) besok hingga tanggal 17 Mei mendatang. Ini berarti semua aktivitas perjalanan lintas kota maupun provinsi akan dibatasi ketat selama masa tersebut.

Meski begitu, Kementerian Perhubungan telah menyatakan mengenai pengecualian larangan mudik di beberapa wilayah tertentu.

Dengan istilah 'mudik lokal', masyarakat masih bisa melakukan perjalanan lintas kota di wilayah aglomerasi, yaitu kota/kabupaten tertentu yang letaknya berdekatan.

Salah satu wilayah aglomerasi yang sudah ditetapkan boleh untuk dilakukan mudik lokal adalah Solo Raya.

Dengan begitu, masyarakat Kota Surakarta, Sukoharjo, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen masih bisa melintasi perbatasan antar daerah tersebut.

Baca juga: Larangan Mudik, Nanti Malam Tol Jakarta-Cikampek Mulai Disekat

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tentu ini jadi kabar baik bagi para pengusaha rental mobil di Solo Raya. Beberapa pengusaha memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan penyesuaian harga saat Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Suasana parkir di sebuah perusahaan rental kendaraan atau sewa mobilTribunnews.com Suasana parkir di sebuah perusahaan rental kendaraan atau sewa mobil

"Untuk sewa full day biayanya Rp 500.000 termasuk jasa sopir, tapi belum termasuk BBM, makan sopir, dan biaya parkir. Pilihan mobilnya ada Avanza, Ertiga, dan Xenia," ungkap Titus dari Rental Mobil Ixo Transport kepada Kompas.com, Rabu (5/5/2021).

Titus menjelaskan demi keamanan bersama, Ixo Transport tidak melayani rental mobil dengan sistem lepas kunci sebagai antisipasi menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan.

Baca juga: Tak Dapat Relaksasi, Harga Mobil Murah Stabil Jelang Lebaran 2021

Hampir serupa, Rental Mobil Anugrah Solo pun juga tidak melayani sistem lepas kunci untuk sewa mobil harian. Sistem lepas kunci hanya berlaku untuk sewa mobil dengan jangka waktu mingguan.

"Kalau sewa 1 hari mobil Avanza dan driver harganya Rp 750.000 belum termasuk BBM, karena tujuan Solo Raya luar kota saat hari Lebaran," kata salah satu customer service Rental Anugrah Solo saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Garasi Mobil rental milik Anjar Ardityo di kota WonosariKompas.com/Markus Yuwono Garasi Mobil rental milik Anjar Ardityo di kota Wonosari

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X