Larangan Mudik, Nanti Malam Tol Jakarta-Cikampek Mulai Disekat

Kompas.com - 05/05/2021, 13:21 WIB
PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 655.365 kendaraan meninggalkan Jakarta pada periode empat hari cuti bersama dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H (27-30 Oktober 2020). Jasa MargaPT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 655.365 kendaraan meninggalkan Jakarta pada periode empat hari cuti bersama dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H (27-30 Oktober 2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Larangan mudik 2021 yang telah disahkan pemerintah akan berlaku mulai Kamis (6/5/2021) hingga 17 Mei mendatang.

Larangan ini berlaku untuk perjalanan lintas kota maupun provinsi di seluruh daerah di Indonesia, termasuk dari Jakarta menuju daerah lainnya di luar lingkup Jabodetabek.

Dengan diberlakukannya larangan mudik, seluruh jalur antar kota baik jalan tol, jalan arteri, maupun jalan tikus akan dijaga ketat.

Baca juga: Ini Fitur Raize yang Bikin Minder Rush dan Innova

Penjagaan tidak hanya dari pihak Kepolisian, namun juga bekerjasama dengan pihak-pihak lainnya seperti Jasa Marga selaku pengelola jalan tol dan Dinas Perhubungan tiap daerah.

Sebagai tindak lanjut atas larangan mudik tersebut, pihak Jasa Marga akan melakukan penyekatan di beberapa ruas jalan tol mulai Kamis (6/5/2021) dini hari nanti.

Pemeriksaan SIKM di kilometer 47 tol Jakarta-Cikampek arah menuju DKI Jakarta, Selasa (26/5/2020).KOMPAS.COM/FARIDA Pemeriksaan SIKM di kilometer 47 tol Jakarta-Cikampek arah menuju DKI Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Salah satu ruas jalan tol yang akan disekat adalah Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Tol Japek).

Baca juga: Jangan Asal, Pakai Lampu Dim pada Mobil juga Ada Etikanya

Dikutip dari Kompas.com, Reza Febriono selaku Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Divison Head menjelaskan, penyekatan dimulai pada Kamis pukul 00.00 WIB nanti di Kilometer 31 Tambun.

"Yang bisa kami sampaikan yang sudah fix melalui komunikasi dengan pihak kepolisian untuk penyekatan di Km 31 Tambun pada 6 Mei 2021 pukul 00.00 WIB," kata Reza.

Untuk langkah antisipasi selama penyekatan, Jasa Marga akan melakukan pemasangan CCTV di lokasi penyekatan, patroli udara pantauan lalu lintas, serta sosialiasi peniadaan mudik melalui variable message sign (VMS).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X