Sejarah PO Sinar Jaya, Pionir Suites Class di Indonesia

Kompas.com - 05/05/2021, 13:01 WIB
Bus AKAP PO Sinar Jaya DUNIABIS.COMBus AKAP PO Sinar Jaya

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan Otobus (PO) Sinar Jaya merupakan salah satu PO bus besar di Indonesia. Kemudian, berbagai layanan juga disediakan PO Sinar Jaya, mulai bus AKAP, AKDP, Pariwisata, antar jemput karyawan, bus kota, Travel, dan pengiriman barang.

Mengutip dari website resmi Sinar Jaya Group, PO ini didirikan oleh Herman Rusly dan Rasidin Karyana pada tanggal 18 November 1982. PO Sinar Jaya bertempat di Jl. Diponegoro 75 – Tambun, Bekasi, Jawa Barat yang menjadi kantor, pool, dan workshop.

Pada tahun 1989, didirikan PT Sinar Jaya Megah Langgeng yang beralamat di DI Panjaitan 12, Jakarta. Berselang lima tahun, didirikan juga kantor cabang di Brebes serta pendirian SPBU Pertamina dengan PT Sinar Jaya Kilang Mandiri.

Baca juga: Kredit Daihatsu Rocky, Tenor 5 Tahun Cicilan Rp 2 Jutaan

bus suites classKompas.com/Fathan Radityasani bus suites class

Pada tahun 1995, barulah PO Sinar Jaya memperlebar sayap dengan mendirikan PT Sinar Jaya Langgeng Utama yang melayani bus pariwisata dan antar jemput karyawan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, PO Sinar Jaya terkenal akan tarif tiketnya yang ekonomis dibanding PO bus lainnya.

“Soal mewahnya memang tergantung kelas layanan. Selain itu pelayanannya juga cukup baik dengan tiket yang lebih ekonomis,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Rabu (5/5/2021).

Baca juga: PO Sinar Jaya Borong 6 Unit Suites Class dari Karoseri Laksana

Untuk bus AKAP, PO Sinar Jaya memiliki berbagai kelas layanan, mulai dari Bisnis AC, Eksekutif kursi 2-2, dan Suites Class.

Selain itu, sejak tahun 2017, PO Sunar Jaya menambah armada bus tingkat dengan sasis Mercedes Benz OH 2542 yang dipasang ke bodi Jetbus 2+ SDD.

“Keunikan lainnya adalah beberapa armada ada yang memakai bangku buatan Toyota Boshoku Indonesia (TBIna),” kata Dimas.

Pilihan bangku TBIna ini bisa dibilang cukup unik, nampaknya saat ini juga baru Sinar Jaya yang memakainya. TBIna sendiri sebenarnya biasa membuat bangku untuk mobil, bagian interior mobil dan komponen mesin mobil.

Bus AKAP baru PO Sinar Jaya Suites ClassDOK. LAKSANABUS Bus AKAP baru PO Sinar Jaya Suites Class

Jadi bagi yang penasaran, bisa mencoba bangku bus yang dibuat oleh perusahaan pembuat bangku mobil. Bisa saja lebih nyaman jika dibandingkan dengan merek-merek bangku bus lainnya.

Kemudian, PO Sinar Jaya bisa dibilang menjadi PO pertama yang mengoperasikan bus Suites Class. Bus Suites Class pertama diperkenalkan pada tahun 2019 dan langsung digunakan oleh PO Sinar Jaya.

Kabin bus AKAP suites classDOK. LAKSANABUS Kabin bus AKAP suites class

Bus dengan kursi sleeper ini bisa memuat 21 sampai 22 penumpang. Setiap penumpang memiliki kabinnya sendiri sehingga terpisah satu sama lain. Kemudian di kabinnya juga dilayani dengan berbagai sistem hiburan Audio Video On Demand (AVOD).

Lalu, baru-baru ini juga PO Sinar Jaya merilis enam unit bus Legacy SR2 Suites Class S Series yang bisa memuat 22 penumpang. Kabarnya bus ini akan mengisi trayek-trayek baru dengan layanan suites class yang nyaman.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.