Jelang Larangan Mudik Lebaran, Korlantas Polri Tambah Pos Penyekatan

Kompas.com - 05/05/2021, 08:12 WIB
Sejumlah petugas gabungan saat melakukan sosialisasi di masa pengetatan larangan mudik Lebaran di check point Bundaran Waru Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (29/4/2021) KOMPAS.COM/GHINAN SALMANSejumlah petugas gabungan saat melakukan sosialisasi di masa pengetatan larangan mudik Lebaran di check point Bundaran Waru Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (29/4/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri menambah jumlah pos penyekatan larangan mudik guna mengantisipasi lonjakkan kendaraan bermotor selama larangan mudik lebaran tahun ini, selama 6-17 Mei 2021.

Dijelaskan Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, penambahan ini sebanyak 48 pos, dari jumlah sebelumnya 333 pos yang meliputi seluruh wilayah Indonesia.

"Sehingga saat ini sudah jadi 381 pos," katanya saat dihubungi, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Ini 8 Kawasan yang Boleh Mudik Lokal pada 6-17 Mei 2021

Kakorlantas Irjen Istiono mensurvey lokasi penyekatan mudik di Lampung. (FOTO: Dok. Humas Polda Lampung).KOMPAS.COM/TRI PURNA JAYA Kakorlantas Irjen Istiono mensurvey lokasi penyekatan mudik di Lampung. (FOTO: Dok. Humas Polda Lampung).

Istiono menyebut titik penyekatan yang bertambah salah satunya berada di wilayah Palembang sampai Bali, tidak terkecuali wilayah Jawa Timur yang menjadi jalur utama via darat ke Denpasar.

"Iya titik-titiknya banyak, kayak misalnya Jawa Timur bertambah," ujar dia.

Ia berharap dengan ditambahkannya pos penyekatan mobilitasi warga dapat semakin bisa dikendalikan sehingga menekan penyebaran virus corona alias Covid-19.

Dalam kesempatan berbeda, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan menyebut penambahan pos penyekatan dilakukan berdasarkan hasil evaluasi.

Baca juga: Boleh Mudik Lokal, Simak Harga Rental Mobil buat Keliling Jakarta

Ilustrasi mudik dengan mobil pribadikompasiana.com Ilustrasi mudik dengan mobil pribadi

Hal ini dilakukan juga untuk membuat jalur alternatif pemudik semakin sedikit.

Secara umum, pos penyekatan paling banyak berada di wilayah Polda Jawa Barat (Jabar), yakni 158 titik, diikuti oleh Polda Jawa Tengah (Jateng) sebanyak 85 titik dan Polda Jawa Timur (Jatim) 74 titik.

Sementara pos penyekatan paling sedikit ada di Polda Bali dengan 5 titik.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X