Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisaran Harga Sewa Mobil di Surabaya buat Mudik Lokal

Kompas.com - 04/05/2021, 17:31 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan telah menyatakan bahwa ada pengecualian larangan untuk aktivitas perjalanan lintas kota di wilayah tertentu selama periode larangan mudik berlangsung pada 6-17 Mei 2021.

Dengan istilah 'mudik lokal', masyarakat masih bisa melakukan perjalanan lintas kota di wilayah aglomerasi, yaitu kabupaten/kota tertentu yang letaknya berdekatan. Meski begitu, protokol kesehatan tetap wajib dilakukan.

Surabaya Raya jadi salah satu zona aglomerasi yang dimaksud. Ini berarti masyarakat Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Lamongan, dan Bangkalan masih bisa melakukan perjalanan lintas kota di daerah tersebut saat larangan mudik berlangsung.

Baca juga: Sabar, Toyota Raize Baru Bisa Dikirim Habis Lebaran

Kabar ini jadi angin segar untuk para pengusaha rental mobil. Diperkirakan bisnis rental mobil masih dapat berjalan lancar pada masa tersebut.

Suasana parkir di sebuah perusahaan rental kendaraan atau sewa mobilTribunnews.com Suasana parkir di sebuah perusahaan rental kendaraan atau sewa mobil

Untuk daerah Surabaya dan sekitarnya, beberapa pengusaha rental mobil telah melakukan persiapan terkait mudik lokal dengan mengumumkan harga sewa.

"Untuk Avanza sewa per harinya Rp 600.000 sudah termasuk sopir dan BBM untuk lintas Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik," ungkap Nandir dari Yudi Transport saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Bertemu Langsung dengan N7X, Calon SUV Baru dari Honda

Nandir menjelaskan bahwa di Yudi Transport tidak melayani sistem lepas kunci baik untuk penggunaan dalam maupun luar kota. Hal yang sama juga dilakukan oleh rental mobil Trans99 Surabaya.

"Untuk Avanza plus sopir ke luar kota seperti Sidoarjo dan Gresik, per harinya Rp 600.000. Belum termasuk BBM, tol, dan parkir," kata salah satu pegawai Trans99 Surabaya saat dihubungi Kompas.com baru-baru ini.

Jejeran Mobil Yang disewakan milik Metro 38, Gunungkidul, Yogyakarta. Saat Libur lebaran Laris Disewa Para PemudikKompas.com/Markus Yuwono Jejeran Mobil Yang disewakan milik Metro 38, Gunungkidul, Yogyakarta. Saat Libur lebaran Laris Disewa Para Pemudik

Mayoritas bisnis rental mobil akhir-akhir ini hanya melayani rental dengan sopir, tidak melayani sistem lepas kunci. Ini karena pengusaha rental mobil tidak ingin ambil risiko terkait kerusakan unit atau jika tertangkap tilang elektronik.

Baca juga: Harga Raize 1.2 Bakal Lebih Murah dari Raize 1.0 Turbo

Namun masih ada beberapa pengusaha rental mobil yang melayani sistem lepas kunci seperti rental mobil Bosnya Travel Surabaya.

"Untuk sewa Avanza atau Xenia matik biayanya Rp 450.000 per hari. Misal ada kerusakan unit atau tertangkap tilang elektronik, maka seluruh biaya ditanggung penyewa," kata Rasya dari rental mobil Bosnya Travel Surabaya kepada Kompas.com, Selasa (4/5/2021).

Umumnya, pengusaha rental mobil yang melayani sistem lepas kunci akan mengajukan syarat cukup banyak seperti uang atau sepeda motor untuk jaminan, KTP asli, akun media sosial, serta informasi tempat kerja/sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com