Boleh Mudik Lokal, Simak Harga Rental Mobil buat Keliling Jakarta

Kompas.com - 04/05/2021, 17:11 WIB
Suasana parkir di sebuah perusahaan rental kendaraan atau sewa mobil Tribunnews.comSuasana parkir di sebuah perusahaan rental kendaraan atau sewa mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI memberikan pengecualian aktivitas bepergian terhadap wilayah tertentu selama periode larangan mudik lebaran, 6 sampai 17 Mei 2021.

Kegiatan yang diberi nama “mudik lokal” ini hanya berlaku di wilayah aglomerasi, yaitu gabungan berbagai kota atau kabupaten yang saling berdekatan.

"Di dalam wilayah aglomerasi, pergerakan masyarakat dan transportasi masih dibolehkan dengan pembatasan kapasitas, frekuensi, serta jam operasional," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Ini 8 Kawasan yang Boleh Mudik Lokal pada 6-17 Mei 2021

Penurunan omzet dialami oleh salah satu pengusaha rental mobil yang berlokasi di Kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, selama dua bulan terkahir. Hal tersebut dirasakan semenjak adanya wabah Corona. dokumentasi pribadi Penurunan omzet dialami oleh salah satu pengusaha rental mobil yang berlokasi di Kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, selama dua bulan terkahir. Hal tersebut dirasakan semenjak adanya wabah Corona.

Salah satu wilayah aglomerasi yang memperbolehkan adanya mudik lokal adalah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Jadi masih diperbolehkan untuk melakukan perjalanan di daerah tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu pilihan untuk mudik lokal yang cukup mudah adalah dengan menyewa kendaraan. Ketika menyewa kendaraan, penyewa cukup siapkan uang saja dan mobil tinggal digunakan, tidak perlu repot memikirkan perawatannya.

Untuk sewa kendaraan roda empat harian, biasanya uang sewa hanya untuk kendaraannya saja. Selain itu, tersedia juga pilihan mau tanpa pengemudi (lepas kunci) atau dengan pengemudi.

Baca juga: Pertama di Dunia Honda Kenalkan N7X, Mobil Konsep 7 Penumpang untuk Indonesia

Sembodo Rent Car, salah satu rental mobil di Jakarta menyediakan berbagai pilihan kendaraan, mulai LMPV, MPV, SUV Medium, hingga MPV Premium. Untuk harga sewa lepas kunci perharinya mulai dari Rp 350.000.

“Mendekati lebaran, banyaknya yang sewa Avanza, Xpander, Innova, dan Fortuner,” ucap Olive, Marketing Sembodo Rent Car kepada Kompas.com, Selasa (4/5/2021).

Sedangkan untuk sewa dengan pengemudi, harganya bisa selisih Rp 100.000 sampai Rp 200.000.

Sedangkan Armada Rental Mobil, memberikan harga mulai dari Rp 700.000 untuk sewa Toyota Avanza per hari dengan pengemudi.

Salah satu rental mobil di Jepang.NIKKEI Salah satu rental mobil di Jepang.

“Kita enggak lepas kunci, buat Avanza Rp 700.000 buat H-3 sampai H+3 lebaran. Kalau Innova Rp 1 juta dan Fortuner Rp 1,6 juta,” ucap marketing dari Armada Rental Mobil.

Perlu diingat, biaya tersebut belum termasuk uang bensin dan tol. Jadi persiapkan lagi uang ketika sudah menyewa kendaraan untuk melakukan mudik lokal nanti.

Harga Sewa Kendaraan Lepas Kunci Harian
Avanza Rp 350.000
Xpander Rp 450.000
Innova Rp 450.000 – Rp 900.000 (diesel)
Fortuner Rp 1,3 juta – Rp 1,4 juta

Harga Sewa Kendaraan dengan Pengemudi
Avanza Rp 700.000
Innova Rp 1 juta
Fortuner Rp 1,6 juta



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.