Royal Enfield Taurus, Motor Jadul Menenggak Solar

Kompas.com - 05/05/2021, 08:02 WIB
Royal Enfield Taurus, sepeda motor dengan mesin diesel Dok. Rideapart.comRoyal Enfield Taurus, sepeda motor dengan mesin diesel

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak seperti mobil, sepeda motor pada umumnya tidak ada, bahkan jarang yang bermesin diesel. Tapi, ada satu motor yang menenggak solar karena memang dibekali mesin diesel, motor jadul Royal Enfield Taurus.

Disebut motor jadul karena dipasarkan akhir 1980-an hingga era 1990-an. Taurus disebut juga Bullet Diesel, karena beberapa komponennya juga sama, seperti lampu depan, tangki bahan bakar, tempat duduk, dan lainnya.

Baca juga: Jika Royal Enfield Meteor 350 Berubah Jadi Motor Touring

Dikutip dari Rideapart.com, Selasa (4/5/2021), Taurus dibekali dengan mesin diesel berkapasitas 325 cc yang dikombinasikan dengan transmisi manual 4-percepatan.

Royal Enfield Taurus, sepeda motor dengan mesin dieselDok. Rideapart.com Royal Enfield Taurus, sepeda motor dengan mesin diesel

Tenaga yang dihasilkan hanya 6,5 tk, torsi 14,9 Nm, dengan top speed di atas kertas hanya 64 kpj. Tapi, konsumsi bahan bakarnya tergolong irit, diklaim tembus 90 kilometer per liter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk lebih menghemat konsumsi bahan bakar, Royal Enfield akhirnya membuang turbo dan intercooler. Sehingga, konsumennya juga bisa melakukan perawatan sendiri.

Baca juga: Terungkap Motor Baru Royal Enfield Shotgun

Dengan begitu, produksinya juga jadi lebih mudah. Taurus juga diuntungkan, karena pada masa itu harga solar terbilang murah.

Royal Enfield Taurus, sepeda motor dengan mesin dieselDok. Rideapart.com Royal Enfield Taurus, sepeda motor dengan mesin diesel

Namun, rasio kompresi mesin yang tinggi menyebabkan getaran mesin yang cukup keras. Tak jarang penggunanya mengeluhkan masalah nyeri pada pergelangan tangan dan bahu.

Terkait masalah lingkungan, layaknya mobil diesel konvensional, Taurus juga menghasilkan asap hitam yang pekat dari pipa knalpot.

Royal Enfield Taurus, sepeda motor dengan mesin dieselDok. Rideapart.com Royal Enfield Taurus, sepeda motor dengan mesin diesel

Dengan India mengeluarkan regulasi soal emisi yang semakin ketat pada tahun 2000, Royal Enfield pun akhirnya menghentikan produksi Taurus.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X