Bikin Bus baru di Karoseri, Dapat Garansi 6 Bulan - 1 Tahun

Kompas.com - 04/05/2021, 11:02 WIB
Bus AKAP baru PO Sahaalah DOK. LAKSANABUSBus AKAP baru PO Sahaalah

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus yang beredar di Indonesia, secara umum terbagi jadi dua bagian, sasis oleh ATPM dan bodi oleh karoseri. Jadi ketika ingin membeli bus, pertama sasis dibawa ke karoseri untuk dibuatkan bodi.

Jadi setiap ada unit baru yang rilis, pasti keluar dari karoseri, bukan dari APM. Lalu, karoseri sebagai pembuat bodi juga memberikan garansi pada bodi bus buatannya, layaknya mobil baru yang keluar dari pabrik.

Marketing New Armada Jati Baru Gerry Adrian mengatakan, untuk bodi yang dikeluarkan dari karoseri New Armada, pembeli akan mendapatkan garansi enam bulan untuk bodi maupun kelistrikan.

Baca juga: Fungsi Utama Behel Sepeda Motor Bukan untuk Pegangan Boncenger

Bus AKAP PO BorlindoGerry Adrian/New Armada Jatibaru Bus AKAP PO Borlindo

“Kalau ada kerusakan kita tanggung jika masih masa garansi, kecuali rusaknya karena kecelakaan,” ucap Gerry kepada Kompas.com, Senin (3/5/2021).

Karoseri New Armada sendiri memiliki berbagai model bodi yang menarik. Misalnya seperti Evolander dan Skylander untuk varian big bus. Selain New Armada, karoseri lain juga turut memberi garansi pada bodi hasil buatannya.

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, garansi bodi di karoseri Laksana berlaku selama satu tahun. Sedangkan untuk kelistrikan hanya enam bulan.

Baca juga: Pertama di Dunia Honda Kenalkan N7X, Mobil Konsep 7 Penumpang untuk Indonesia

“Misal ada bunyi asing, kaca retak tapi bukan karena kecelakaan. Cat juga bisa, tapi jarang banget. Selain itu seperti wiper kerja kurang maksimal, itu bisa diklaim,” ucap Werry kepada Kompas.com.

Sedangkan kalau urusan electrical, hal yang bisa diklaim seperti lampu yang mati atau audio yang tidak berfungsi. Kemudian jika customer melakukan modifikasi pada kelistrikan seperti penambahan lampu-lampu strobo, garansi electrical akan hangus.

Kemudian untuk sasis yang terdiri dari mesin, suspensi, pengereman garansinya berbeda, bukan dari karoseri melainkan dari pabrikan sasis tersebut. Jadi jika dilakukan modifikasi pada sasis seperti penggantian suspensi dari per daun ke suspensi udara, garansi pabrikannya akan hangus.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X