Begini Cara Aman Saat Menyalip Kendaraan Besar

Kompas.com - 04/05/2021, 10:12 WIB
Ilustrasi menyalip truk Foto: QuoraIlustrasi menyalip truk

JAKARTA, KOMPAS.com - Berpergian melewati jalan provinsi atau jalan tol tentu akan menemui kendaraan besar dan panjang. Contohnya truk tronton ataupun bus.

Dalam mengemudi, berhadapan dengan kendaraan yang memiliki dimensi besar disarankan untuk tetap berhati-hati dan waspada.

Pasalnya kendaraan dengan ukuran yang lebih besar tentu saja memiliki blind spot yang besar pula. Lantas bagaimana cara aman menyalip kendaraan besar?

Baca juga: Fungsi Utama Behel Sepeda Motor Bukan untuk Pegangan Boncenger

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada beberapa hal yang perlu dipastikan pada saat akan menyalip kendaraan terutama dengan dimensi yang lebih besar.

"Saat akan menyalip perlu memastikan empat hal, pastikan perlu, pastikan boleh, pastikan aman, dan pastikan mampu," kata Marcell kepada Kompas.com, Senin (3/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

ilustrasi menyalipKompas.com/Fathan Radityasani ilustrasi menyalip

Langkah pertama yang harus diperhatikan pada saat akan menyalip adalah pastikan perlu. Tentukan terlebih dahulu sebelum mendahului, apakah diperlukan untuk mendahului atau tidak. Kalau memang tidak diperlukan, lebih baik tidak mendahului kendaraan di depan.

Kedua pastikan boleh, dalam hal ini perlu di pastikan bahwa tidak ada rambu larangan mendahului. Perhatikan juga marka jalan apakah garis putus-putus atau garis menyambung yang artinya tidak boleh melewati marka jalan tersebut.

Baca juga: Pertama di Dunia Honda Kenalkan N7X, Mobil Konsep 7 Penumpang untuk Indonesia

Ketiga, pastikan aman saat akan mendahului. Dengan cara memastikan di belakang kita tidak ada kendaraan lain yang juga ingin mendahului. Pastikan juga pengemudi kendaraan yang akan kita dahului mengerti niat kita ingin mendahului.

Ilustrasi menyalip truk di jalan tol.Samsung Ilustrasi menyalip truk di jalan tol.

Jangan lupa pastikan jarak kendaraan dari arah berlawanan masih cukup jauh sehingga memungkinkan untuk kembali ke lajur kita, terutama pada saat mendahului kendaraan besar.

Pastikan juga ada space atau ruang di depan kendaraan dan jangan mendahului lebih dari satu kendaraan.

Baca juga: Berlaku 6 Mei 2021, Ini Syarat ke Luar Kota Menggunakan Kendaraan Bermotor

Terakhir pastikan mampu. Pastikan kendaraan yang digunakan mampu untuk mendahului, lebih amannya jangan menggunakan gigi paling tinggi saat akan mendahului bagi kendaraan bertransmisi manual.

Sedangkan untuk kendaraan matik pengemudi harus bersiap untuk melakukan kick down apabila dibutuhkan agar aman saat mendahului.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.