Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/05/2021, 10:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berpergian melewati jalan provinsi atau jalan tol tentu akan menemui kendaraan besar dan panjang. Contohnya truk tronton ataupun bus.

Dalam mengemudi, berhadapan dengan kendaraan yang memiliki dimensi besar disarankan untuk tetap berhati-hati dan waspada.

Pasalnya kendaraan dengan ukuran yang lebih besar tentu saja memiliki blind spot yang besar pula. Lantas bagaimana cara aman menyalip kendaraan besar?

Baca juga: Fungsi Utama Behel Sepeda Motor Bukan untuk Pegangan Boncenger

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada beberapa hal yang perlu dipastikan pada saat akan menyalip kendaraan terutama dengan dimensi yang lebih besar.

"Saat akan menyalip perlu memastikan empat hal, pastikan perlu, pastikan boleh, pastikan aman, dan pastikan mampu," kata Marcell kepada Kompas.com, Senin (3/5/2021).

ilustrasi menyalipKompas.com/Fathan Radityasani ilustrasi menyalip

Langkah pertama yang harus diperhatikan pada saat akan menyalip adalah pastikan perlu. Tentukan terlebih dahulu sebelum mendahului, apakah diperlukan untuk mendahului atau tidak. Kalau memang tidak diperlukan, lebih baik tidak mendahului kendaraan di depan.

Kedua pastikan boleh, dalam hal ini perlu di pastikan bahwa tidak ada rambu larangan mendahului. Perhatikan juga marka jalan apakah garis putus-putus atau garis menyambung yang artinya tidak boleh melewati marka jalan tersebut.

Baca juga: Pertama di Dunia Honda Kenalkan N7X, Mobil Konsep 7 Penumpang untuk Indonesia

Ketiga, pastikan aman saat akan mendahului. Dengan cara memastikan di belakang kita tidak ada kendaraan lain yang juga ingin mendahului. Pastikan juga pengemudi kendaraan yang akan kita dahului mengerti niat kita ingin mendahului.

Ilustrasi menyalip truk di jalan tol.Samsung Ilustrasi menyalip truk di jalan tol.

Jangan lupa pastikan jarak kendaraan dari arah berlawanan masih cukup jauh sehingga memungkinkan untuk kembali ke lajur kita, terutama pada saat mendahului kendaraan besar.

Pastikan juga ada space atau ruang di depan kendaraan dan jangan mendahului lebih dari satu kendaraan.

Baca juga: Berlaku 6 Mei 2021, Ini Syarat ke Luar Kota Menggunakan Kendaraan Bermotor

Terakhir pastikan mampu. Pastikan kendaraan yang digunakan mampu untuk mendahului, lebih amannya jangan menggunakan gigi paling tinggi saat akan mendahului bagi kendaraan bertransmisi manual.

Sedangkan untuk kendaraan matik pengemudi harus bersiap untuk melakukan kick down apabila dibutuhkan agar aman saat mendahului.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com