Ini Aturan dan Syarat Baru untuk Penumpang Bus Rosalia Indah

Kompas.com - 23/04/2021, 09:12 WIB
peraturan perjalanan baru yang dibuat oleh Rosalia Indah Rosalia Indah Transportperaturan perjalanan baru yang dibuat oleh Rosalia Indah

SOLO,KOMPAS.com - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 telah resmi mengeluarkan aturan tentang peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 1442 Hijriah.

Kebijakan ini dimaksudkan untuk mencegah persebaran virus Covid-19 di Indonesia melalui perjalanan mudik.

Aturan itu dituliskan dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No. 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021.

Baca juga: Cara Bikin Ribet Maling Sepeda Motor

Pembatasan pergerakan mudik lebaran berdampak pada beberapa sektor usaha termasuk industri Perusahaan Otobus (PO). Salah satu perusahan yang menanggapi aturan tersebut adalah PO Rosalia Indah Transport.

Bus AKAP PO Rosalia IndahKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus AKAP PO Rosalia Indah

Direktur PT Rosalia Indah Transport FX Adimas Rosdian mengatakan, bahwa sebagai pelaku usaha angkutan darat di Indonesia, pihaknya akan mendukung seluruh kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah apalagi kebijakan tersebut menyangkut tentang kesehatan dan keselamatan orang banyak.

Baca juga: Kolaborasi Toyota-Daihatsu Berlanjut, Raize dan Rocky Siap Meluncur

“Oleh sebab itu, dengan adanya pembatasan-pembatasan yang sudah disebutkan secara terperinci melalui Surat Edaran Satgas Covid-19 No.13 Tahun 2021 tersebut, Rosalia Indah akan berpartisipasi aktif dengan menerapkan kebijakan baru selama periode tersebut”, kata Adimas dikutip dari keterangan pada web resmi Rosalia Indah Transport, Kamis (22/4/2021).

Pihak Rosalia Indah akan menyesuaikan kebijakan yang akan diterapkan dengan menambahkan aturan dan syarat bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan darat menggunakan bus Rosalia Indah.

Syarat dan aturan yang ditetapkan bersifat wajib dan akan disosialisasikan terhadap penumpang bus Rosalia Indah melalui media sosial, aplikasi, website, dan agen Rosalia Indah.

Bus AKAP PO Rosalia IndahInstagram/hisyam_2542 Bus AKAP PO Rosalia Indah

“Kami juga sangat berharap kepada masyarakat, agar dapat bergerak bersama untuk berpartisipasi aktif menciptakan perjalanan yang sehat, aman, dan nyaman bersama armada Rosalia Indah," ucap Adimas.

Sosialisasi tersebut dilakukan agar penumpang mempersiapkan syarat yang telah ditetapkan sebelum keberangkatan. Aturan dan syarat yang ditetapkan oleh Rosalia Indah antara lain:

Baca juga: Pemilik dan Penumpang Mobil Pribadi Diimbau Rapid Test Antigen

  1. Pelaku Perjalanan dengan keperluan mendesak seperti : bekerja/perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka, anggota keluarga meninggal, Ibu hamil (dengan 1 pendamping), Ibu bersalin (maks. 2 pendamping)
  2. Syarat untuk Point No.1 diatas, harus memiliki Surat Perjalanan (berlaku individual dan min. usia 17 tahun) :
    - ASN, BUMN, BUMD, TNI, POLRI, melampirkan Surat Tugas/Izin Tertulis dari pejabat setingkat Eselon II yang dilengkapi dengan tanda tangan basah pejabat,
    - Pegawai Swasta, melampirkan Surat Izin/Surat Tugas* tertulis dari pimpinan perusahaan,
    - Pekerja Sektor Informal, melampirkan Surat Izin tertulis dari Kepala Desa/Lurah dilengkapi tanda tangan basah,
    - Masyarakat Umum Non-Pekerja, melampirkan Surat Tertulis dari Kepala Desa/Lurah dilengkapi tanda tangan basah.
  3. Wajib menyertakan Surat Keterangan Negatif Covid-19 yang ditunjukkan dengan hasil test RT PCR / Rapid Antigen / Ge-Nose 19, mematuhi Gerakan 3M dan menjaga protokol kesehatan.
  4. Membawa identitas diri asli, dapat berupa KTP, SIM, KK, atau Surat Pengganti apabila fisik aslinya tidak ada.

Baca juga: Masyarakat Colong Start, Jutaan Orang Tetap Mudik Meski Ada Larangan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X