Video Viral Polisi Ceramahi Pengemudi Jangan Pakai Bahu Jalan Tol

Kompas.com - 23/04/2021, 08:42 WIB
Polisi mengedukasi pengguna jalan agar tidak melintas di bahu jalan tol. Foto: tangkapan layar Polisi mengedukasi pengguna jalan agar tidak melintas di bahu jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral memperlihatkan seorang polisi memberikan edukasi kepada pengguna jalan agar tidak melintas di bahu jalan bebas hambatan atau tol.

Dalam penjelasan video yang diunggah akun Instagram Jakarta Terkini, kejadian itu dilakukan dalam rangka Operasi Keselamatan Jaya 2021, Kamis (22/4/2021).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta Terkini (@jakarta.terkini)

"Bahu jalan adalah bagian tepi jalan yang dipergunakan sebagai tempat untuk kendaraan yang mengalami kerusakan berhenti atau digunakan oleh kendaraan darurat seperti ambulans, pemadam kebakaran, polisi yang sedang menuju tempat yang memerlukan bantuan kedaruratan dikala jalan sedang mengalami tingkat kepadatan lalin yang tinggi," tulis akun tersebut dikutip Kompas.com, Kamis (22/4/2021).

Dalam Peraturan Pemerintah No 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol Pasal 41 ayat 2, bahu jalan tol memang hanya boleh digunakan oleh kendaraan dengan kebutuhan khusus.

Secara umum bahu jalan tol hanya diperuntukkan dalam keadaan darurat atau prioritas dengan pengawalan polisi seperti ambulans, pemadam kebakaran, dan petugas operator tol.

Pengemudi menunggu berakhirnya ganjil genap di bahu jalan tol.Istimewa Pengemudi menunggu berakhirnya ganjil genap di bahu jalan tol.

Baca juga: Berkunjung ke IIMS Hybrid 2021, Tengok Motor Listrik Karya Anak Bangsa

Secara rinci penggunaan bahu jalan diatur sebagai berikut:

a. Digunakan bagi arus lalu lintas pada keadaan darurat.

b. Diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat.

c. Tidak digunakan untuk menarik/menderek/mendorong kendaraan.

d. Tidak digunakan untuk keperluan menaikkan atau menurunkan penumpang, dan (atau) barang dan (atau) hewan.

e. Tidak digunakan untuk mendahului kendaraan.

Apabila aturan ini dilanggar, siap-siap akan ditindak oleh petugas dan dikenakan sanksi denda sebesar Rp 500.000 atau pidana maksimal dua bulan (Pasal 287 ayat 1).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X