Kompas.com - 23/04/2021, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur darat masih jadi pilihan bagi sebagian masyarakat untuk melakukan perjalanan jarak jauh, terutama lintas provinsi.

Untuk moda transportasi umum via jalur darat, bus AKAP adalah salah satu pilihan utama. Banyak Perusahaan Otobus (PO) yang bermain di segmen bus AKAP berlomba memberikan pelayanan terbaik bagi para penumpangnya.

PO Pandawa 87 yang awalnya fokus melayani armada perjalanan pariwisata domestik mulai ikut terjun di segmen bus AKAP pada trayek Jakarta - Surabaya - Banyuwangi. Sudah disiapkan total 6 unit untuk pelayanan AKAP trayek tersebut.

Baca juga: Diskon Mobil Murah di IIMS Hybrid 2021, Harga Jadi Rp 90 Jutaan

Hal ini terlihat dari unggahan akun Instagram @ayonaikbiscom, Kamis (22/4/2021), yang memperlihatkan surat keterangan resmi dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat perihal realisasi layanan AKAP PO Pandawa 87.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ayo Naik Bis (dot) Com (@ayonaikbiscom)

Sejauh ini, belum ada keterangan resmi unit jenis apa yang akan digunakan. Belum ada pula keterangan mengenai tarif AKAP yang akan ditetapkan oleh Pandawa 87.

Namun, dilansir dari kanal Youtube WAN AMEX 87 pada Kamis (22/4/2021), Pandawa 87 akan menggunakan bus Super High Deck (SHD) sebagai salah satu unit bus AKAP-nya.

Bus PO Pandawa 87Givan Pandawa 87 Bus PO Pandawa 87

Unit SHD milik Pandawa 87 ini memiliki konfigurasi tempat duduk 2-2 dengan total 36 kursi. Seluruhnya pun telah dilengkapi leg rest. Selain itu terdapat pula smoking room dan toilet.

Untuk trayek Jakarta - Surabaya dengan armada sebanyak 2 unit, rutenya adalah Jakarta (Pulo Gebang) - Tol Cikampek - Cirebon - Tegal - Semarang - Kudus - Pati - Rembang - Blora - Cepu - Bojonegoro - Lamongan - Surabaya (Purabaya).

Sementara itu, trayek Jakarta - Banyuwangi dengan armada sebanyak 4 unit, rutenya Jakarta - Tol Cikampek - Cirebon - Tegal - Semarang - Kudus - Rembang - Tuban - Gresik - Surabaya - Pasuruan - Probolinggo - Jember - Banyuwangi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.