Penggunaan Kendaraan Pribadi Naik Selama Libur Panjang

Kompas.com - 06/04/2021, 19:51 WIB
ilustrasi lalu lintas Libur Tahun Baru 2021 Jasa marga ilustrasi lalu lintas Libur Tahun Baru 2021
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat adanya lonjakkan arus penumpang di transportasi umum dan kendaraan pribadi setiap kali ada libur panjang satu tahun kemarin.

Padahal, pemerintah terus mengimbau agar masyarakat menahan diri untuk melakukan berpergian supaya penyebaran pandemi Covid-19 bisa ditekan secara optimal.

"Kalau kita lihat dari serangkaian libur panjang di tahun lalu maupun yang terakhir kemarin libur Paskah, selalu ada lonjakan (mobilitas) walau angkanya bervariasi," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Pasang Valvetronic, Solusi Mobil yang Pakai Knalpot Bising

Revitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang Bundaran Senayan di Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (10/1/2019). Desain ketiga JPO itu akan berbeda dengan JPO lainnya. Ketiga JPO tersebut akan dipasangi kamera closed circuit television (CCTV), akan dipasangi lift serta dilengkapi tata pencahayaan warna-warni. Revitalisasi JPO ini ditargetkan selesai pada Januari 2019.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Revitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang Bundaran Senayan di Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (10/1/2019). Desain ketiga JPO itu akan berbeda dengan JPO lainnya. Ketiga JPO tersebut akan dipasangi kamera closed circuit television (CCTV), akan dipasangi lift serta dilengkapi tata pencahayaan warna-warni. Revitalisasi JPO ini ditargetkan selesai pada Januari 2019.

Ia melanjutkan, pada libur panjang akhir pekan lalu yang jatuh pada 1-4 April 2021, terdapat sebanyak 350.000 unit kendaraan pribadi memasuki jalur tol.

"Belum lagi yang menggunakan pesawat udara juga terjadi lonjakan sampai dengan 39,8 persen di Angkasa Pura I dan II meskipun tidak terlalu signifikan lonjakannya," kata Adita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karenanya, walaupun memiliki tugas memfasilitasi pergerakan manusia, tapi dalam situasi pandemi pihak Kemenhub akan lebih tegas sekaligus mengingatkan pentingnya tidak melakukan berpergian.

Baca juga: Satlantas Solo Siapkan 10 Titik Penyekatan buat Halau Pemudik Lebaran

"Sebaiknya jangan melakukan mobilitas dulu karena situasi juga masih harus kita antisipasi dan kami selalu mendengarkan apa yang menjadi masukan dari para pakar, dari Satgas Penanganan Covid-19 dan juga kementerian dan lembaga terkait terkait pergerakan orang ini," ujarnya.

Adapun mengenai rencana pembatasan kendaraan pada periode libur Lebaran 2021, Adita belum bisa mengatakan secara rinci. Sebab, kini pihak Kemenhub tengah melakukan perampungan aturan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.