Satlantas Solo Siapkan 10 Titik Penyekatan buat Halau Pemudik Lebaran

Kompas.com - 06/04/2021, 15:31 WIB
Petugas melakukan penyekatan di pos Rindu Alam, Kabupaten Bogor, Senin (1/6/2020). Penyekatan di lokasi yang berbatasan dengan wilayah Cianjur ini untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 melalui aktivitas mudik masyarakat. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPetugas melakukan penyekatan di pos Rindu Alam, Kabupaten Bogor, Senin (1/6/2020). Penyekatan di lokasi yang berbatasan dengan wilayah Cianjur ini untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 melalui aktivitas mudik masyarakat.
|

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah resmi mengeluarkan aturan tentang larangan mudik Lebaran 2021 mengingat tingkat penyebaran virus Covid-19 di Indonesia  yang masih cukup tinggi.

Hal ini disampaikan oleh Menteri koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi, resmi mengeluarkan aturan larangan bagi masyarakat untuk mudik Lebaran Idul Fitri tahun 2021, pada Jumat (26/3/2021).

Baca juga: Segini Biaya Kepemilikan Toyota Sienta Welcab, Sebulan Rp 2 Jutaan

Dengan adanya aturan tersebut, berbagai upaya dilakukan oleh kepolisian untuk mengurangi jumlah pemudik.

Upaya yang dilakukan oleh kepolisian salah satunyan adalah penyekatan di perbatasan antar wilayah.

Pos pemeriksaan SIKM di Kembangan, Jakarta BaratAkun instagram @info.jakartabarat Pos pemeriksaan SIKM di Kembangan, Jakarta Barat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kasatlantas Polresta Surakarta, Kompol Adhytia Warman mengatakan, untuk mendukung aturan yang diberlakukan oleh pemerintah pusat, di Solo, Jawa Tengah akan diadakan juga penyekatan di perbatasan wilayah.

Baca juga: Ternyata Ini Rahasia Mesin Berkapasitas Kecil tapi Bisa Punya Tenaga Besar

"Di Solo sendiri nantinya juga akan ada tindakan penyekatan, kami akan membangun beberapa pos di perbatasan kota Solo untuk mengantisipasi pemudik yang nekat," kata Adhytia kepada kompas.com beberapa waktu lalu.

Rencananya penyekatan akan dilakukan menjelang aturan itu dilaksanakan yakni pada 6 Mei -17 Mei 2021. Kegiatan penyekatan akan dilaukan dengan melakukan kerjasama dengan TNI, Dishub, dan Dinas Kesehatan.

Petugas memeriksa kendaraan roda empat di Jalan tol Jakarta - Cikampek Km 47, Karawang, Jawa Barat, Rabu (6/5/2020). Penyekatan akses transportasi di tol Jakarta - Cikampek tersebut sebagai tindak lanjut kebijakan larangan mudik dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/foc.ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar Petugas memeriksa kendaraan roda empat di Jalan tol Jakarta - Cikampek Km 47, Karawang, Jawa Barat, Rabu (6/5/2020). Penyekatan akses transportasi di tol Jakarta - Cikampek tersebut sebagai tindak lanjut kebijakan larangan mudik dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/foc.

"Kami akan melakukan kerjasama dengan dinas terkait untuk pelaksanaan operasi ini," ucap Adhytia.

Untuk titik penyekkatan yang akan diberlakukan untuk wilayah hukum Kota Surakarta, Jawa Tengah, berikut titik pos nya:

Baca juga: Kawasaki Siapkan Ninja 700 Jegal Yamaha R7

Batas kota Banyuanyar, melibatkan 3 personil Lantas, 2 Personil TNI, 2 Personil Dishub, dan 2 Personil Dinas Kesehatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.