Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xpander Jadi Tulang Punggung Mitsubishi Selama Pandemi

Kompas.com - 06/04/2021, 19:11 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Industri otomotif terkena dampak signifikan akibat Covid-19. Pada 2020, penjualan mobil bahkan mengalami penurunan hingga 44,59 persen lantaran pandemi dan Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Meski begitu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengklaim berhasil menjaga posisi di pasar kendaraan penumpang dan niaga ringan di Tanah Air.

Merujuk pada data penjualan retail Gaikindo tahun 2020, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia mencatat angka penjualan sebanyak 54.768 unit.

Baca juga: Segini Biaya Kepemilikan Toyota Sienta Welcab, Sebulan Rp 2 Jutaan

Ilustrasi Mitsubishi Xpander CrossDOK. MMKSI Ilustrasi Mitsubishi Xpander Cross

Angka ini terdiri dari penjualan model kendaraan penumpang 34.504 unit (Xpander, Xpander Cross, Pajero Sport, Eclipse Cross, Outlander PHEV) yang , terkoreksi 57,2 persen dari tahun sebelumnya.

Kemudian, capaian penjualan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors sebanyak 20.264 unit (Triton, L300 dan T-120SS) yang turun 47 persen dibandingkan tahun 2019.

Secara total, angka penjualan kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia harus terkoreksi 55,4 persen.

Baca juga: Tantangan PO Tertua Di Indonesia, Mulai Krisis Moneter, Lawan Pesawat dan Pandemi

Kompas.com mendapat kesempatan melihat lebih dekat ubahan pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 terbaru. SUV ini mendapat pembaruan di sisi eksterior dan interiorKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Kompas.com mendapat kesempatan melihat lebih dekat ubahan pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 terbaru. SUV ini mendapat pembaruan di sisi eksterior dan interior

Beberapa model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors berhasil menjaga posisi pasar dan mampu meredam penurunan drastis di penjualan di masing-masing segmen.

Seperti Xpander dan Xpander Cross) yang meraih pangsa pasar 24,1 persen di segmennya, dengan masing-masing berkontribusi 14.301 unit dan 11.267 unit.

Kemudian, Pajero Sport menjadi pemimpin segmen di kelas 4x4 dengan pangsa pasar 53,2 persen, dengan penjualan 599 unit. Adapun Pajero Sport 4x2 meraih 8.024 unit dengan pangsa pasar 34,9 persen.

Baca juga: Kenyamanan Interior Hyundai Palisade, Serasa Naik MPV Premium

Mitsubishi New Triton meramaikan pasar double cabin sejak 2019MMKSI Mitsubishi New Triton meramaikan pasar double cabin sejak 2019

Sedangkan Triton menjadi pemimpin segmen di kelas 4x4 dengan penjualan 5.105 unit dengan pangsa pasar 53,6 persen.

Adapun, L300 masih menjadi pemimpin pasar di kelas Pick-Up & Van Small dengan pangsa pasar 60,6 persen.

“Berbagai capaian yang diraih MMKSI diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif, pertumbuhan ekonomi dan kepentingan masyarakat Indonesia secara luas,” ujar Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI, dalam konferensi virtual (6/4/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com