Kejar Penurunan Emisi, Pertamina Sosialisasikan BBM Ramah Lingkungan

Kompas.com - 28/03/2021, 08:01 WIB
Ilustrasi BBBM berkualitas dari Pertamina dengna Pertamax Series dan Dex Series. Dok. PertaminaIlustrasi BBBM berkualitas dari Pertamina dengna Pertamax Series dan Dex Series.
|

JAKARTA, KOMPAS.comPertamina menyediakan beberapa jenis BBM di pasaran, yang menyesuaikan dengan beragam kebutuhan konsumen, baik untuk mesin bensin maupun diesel.

Untuk mobil bermesin bensin, tersedia produk Perta Series yang terdiri dari Pertalite (RON 90), Pertamax (RON 92), dan Pertamax Turbo (RON 98).

Sementara buat mesin diesel, terdapat Dex Series yang menawarkan Dexlite (CN 51) dan Pertamina DEX (CN 53).

Putut Andriatno, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), mengatakan, angka RON dan CN dapat menjadi acuan masyarakat saat beli BBM untuk kendaraannya.

Baca juga: Berapa Konsumsi BBM Jeep Wrangler Rubicon Turbo Terbaru?

 Ilustrasi SPBU Pertamina. (DOK. Pertamina) Ilustrasi SPBU Pertamina.

“Biasanya kebutuhan minimal RON atau CN yang sesuai spesifikasi mesin tercantum dalam buku panduan kendaraan,” ujar Putut, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com (27/3/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sudah seharusnya penggunaan BBM disesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi kendaraan agar mesin optimal dan emisinya sesuai dengan batasan yang ditetapkan,” kata dia.

Selain bilangan RON dan CN yang menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen, produk Perta Series dilengkapi dengan formula dan zat aditif.

Baca juga: Menakar Konsumsi BBM Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2

Ilustrasi solar berkualitas dengan Dexlite.Dok. Pertamina Ilustrasi solar berkualitas dengan Dexlite.

Hal ini memiliki fungsi membersihkan endapan kotoran pada mesin, menjaga mesin dari pengkaratan, serta untuk efisiensi pemakaian bahan bakar.

“Mesin yang terawat dan dapat bekerja dengan optimal, mesin yang bekerja dengan baik dan pembakaran yang optimal akan berpengaruh langsung terhadap konsumsi bahan bakar, pemakaiannya akan lebih irit,” ucap Putut.

Di samping menjaga performa, penggunaan Perta Series dan Dex Series memberikan hasil gas buang yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Daftar Lelang Mobil Dinas, Innova Mulai Rp 30 Jutaan

Pertamax TurboKOMPAS.com/Ruly Pertamax Turbo

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.