Berapa Konsumsi BBM Jeep Wrangler Rubicon Turbo Terbaru?

Kompas.com - 27/03/2021, 10:42 WIB
Jeep Wrangler Rubicon Unlimited dijajal di area perkotaan. Kemampuan jelajah Jeep legendaris ini memuaskan di kendarai harian Jeep Wrangler Rubicon Unlimited dijajal di area perkotaan. Kemampuan jelajah Jeep legendaris ini memuaskan di kendarai harian

JAKARTA, KOMPAS.comJeep Wrangler Rubicon Unlimited menyajikan dimensi yang terbilang besar dibandingkan mobil kebanyakan. Menyetir mobil dengan kode bodi JL ini memang terasa berbeda, lebih pede di jalan.

Mobil yang besar secara psikis terkadang membuat pengendara lebih percaya diri. Namun, memang untuk bermanuver di jalan sempit jadi agak menyulitkan. Apalagi saat berada di tengah kemacetan, Anda hanya bisa pasrah mengikuti arus kendaraan di depan.

Bicara soal dapur pacu, mobil ini terasa cukup bertenaga. Meski secara kapasitas mengalami penurunan dibandingkan generasi sebelumnya, berdasarkan data speknya mobil ini punya torsi yang lebih besar.

Baca juga: Sejarah Teknologi Mesin Turbo, Dipakai sejak Era Perang Dunia hingga Kini

Test Drive Jeep Wrangler Rubicon UnlimitedKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Jeep Wrangler Rubicon Unlimited

Untuk pasar Indonesia, Jeep telah memensiunkan mesin 3.600 cc V6 6-silinder Pentastar bertenaga 285 tk dan torsi 260 Nm.

Kini Wrangler mengusung mesin baru 2.000 cc Turbo 4-silinder bertenaga 270 tk dan torsi 400 Nm, yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan imbuhan turbo, mesin ini sangat cekatan dalam menghela bobot Wrangler. Cukup injak sedikit pedal gas, mobil akan langsung berakselerasi tanpa kesulitan berarti.

Baca juga: Mudik Dilarang, Pengusaha Bus Minta Pemerintah Tegas Tutup Semua Akses

Jeep Wrangler Rubicon UnlimitedKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Jeep Wrangler Rubicon Unlimited

Berkat kapasitas mesin lebih kecil, Wrangler terbaru juga menawarkan kehematan bahan bakar yang lebih baik ketimbang pendahulunya.

Saat kami coba melewati rute kombinasi di perkotaan dan lancarnya jalan tol, ternyata hasil yang dicatat MID pada mobil ini mencapai 10,9 liter per 100 km atau setara 9,1 km per liter.

Figur ini terbilang wajar untuk SUV berkapasitas 2.000 cc. Namun, memang respons tenaga berbeda jauh, lantaran Wrangler terbaru mengusung mesin bensin turbo.

Baca juga: Berapa Biaya Penggantian Fuel Pump Avanza Jika Tanpa Recall

Jeep Wrangler Rubicon Unlimited dijajal di area perkotaan. Kemampuan jelajah Jeep legendaris ini memuaskan di kendarai harianKompas.com/Setyo Adi Jeep Wrangler Rubicon Unlimited dijajal di area perkotaan. Kemampuan jelajah Jeep legendaris ini memuaskan di kendarai harian

Transmisi 8-percepatan terbaru kami duga turut memiliki peran vital untuk menekan konsumsi bahan bakar, sekaligus membuatnya pintar mengolah tenaga pada putaran rendah. Alhasil, mesin tidak perlu meraung terlalu tinggi dalam kondisi stop and go.

Bicara soal pengendalian, Wrangler menggunakan sasis tangga yang sangat andal untuk medan offroad.

Namun, ketika dibawa di perkotaan dan jalan tol, sasis ini memang memiliki kekurangan seperti limbung saat bermanuver, dan memiliki bantingan yang cukup keras.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.