Menakar Konsumsi BBM Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2

Kompas.com - 27/03/2021, 10:02 WIB
Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2. Pembaruan SUV ini hadir dengan fitur-fitur canggih KOMPAS.COM/STANLY RAVELMitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2. Pembaruan SUV ini hadir dengan fitur-fitur canggih

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan hasil pengetesan singkat soal sensasi berkendara, ternyata Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2, tak jauh berbeda dengan versi sebelumnya.

Namun demikian, berkat ragam instalasi fitur modern yang disematkan, membuat Pajero Sport facelift makin fun to drive untuk dikendarai, baik dalam kota atau di jalan bebas hambatan.

Bicara soal tenaga juga demikian, mengusung spesifikasi dapur pacu yang sama, yakni mesin diesel 2.400 cc MIVEC Turbocharger dengan kode 4N15, otomatis produksi daya yang dihasilkan juga tak berbeda.

Baca juga: Mengenal 3 Varian Dakar pada Mitsubishi Pajero Sport Facelift

Dari data di atas kertas, Pajero Sport Dakar facelift ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 178,5 tk di 3.500 rpm. Sementara torsi sebesar 430 Nm, cukup membantu SUV bongsor ini melesat responsif di putaran bawah saat pedal gas di-kickdown.

Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2. Pembaruan SUV ini hadir dengan fitur-fitur canggihKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2. Pembaruan SUV ini hadir dengan fitur-fitur canggih

Lantas bagaimana soal konsumsi bahan bakarnya ?

Selama dua hari mengajak Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 berkeliling melintasi beberapa sudut Ibu Kota dengan beragam kondisi lalu lintas, hasilnya masih dalam toleransi.

Begitu juga saat mengajaknya melesat lebih cepat di ruas Tol Jakarta-Cikampek, rata-rata konsumsinya tak mengecewakan bagi sebuah mobil dengan postur bongsor.

 

Total dengan jarak tempuh mencapai 285 km, berdasarkan hasil akhir di MID, bahan bakar yang redaksi dapat mencapai 10,6 kpl.

Baca juga: Sensasi Baru Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 yang Lebih Fun to Drive

Artinya, 1 liter bahan bakar bisa mengantarkan Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 menjelajah kurang lebih 10,6 km.

Hasil konsumsi bahan bakar Pajero Sport Dakar Facelift Ultimate 4x2KOMPAS.com Hasil konsumsi bahan bakar Pajero Sport Dakar Facelift Ultimate 4x2

 

Namun perlu diketahui, hasil konsumsi tersebut redaksi dapatkan dengan beberapa variasi gaya berkendara, belum lagi ditambah kondisi lalu lintas.

Mulai dari agresif dengan pedal gas yang ditekan lebih dalam, bermacet-macetan di jalan arteri, merasakan manuver di kecepatan tinggi, sampai santai memanfaatkan fitur adaptive cruise control-nya (ACC).

Baca juga: Estimasi Harga Pajero Sport jika Dapat PPnBM 0 Persen

Nah, menariknya saat menjajal fitur ACC dari Karawang hingga Halim via tol layang Jakarta-Cikampek, dengan kondisi lenggang dan kecepatan konstan antara 70-90 kpj , konsumsi yang sempat tertera di MID tembus hingga 13,2 kpl.

Pajero Sport Facelift Dakar Ultimate 4x2KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Pajero Sport Facelift Dakar Ultimate 4x2

Melihat dari dimensi dan bobot, serta gaya berkendara juga kondisi lalu lintas, dengan hasil akhir 10,6 kpl, rasanya konsumsi BBM Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 yang dipasarkan sebesar Rp 624,7 juta tersebut, masih cukup baik. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X