Cara Membuat Kampas Rem Mobil Awet, Lebih Jarang Jajan

Kompas.com - 18/03/2021, 10:42 WIB
Mengenali gejala kampas rem menipis www.team-bhp.comMengenali gejala kampas rem menipis

JAKARTA, KOMPAS.comKampas rem merupakan komponen yang penting dalam sistem pengereman mobil. Selain itu, kampas rem juga perlu diganti setiap 20.000 km sampai 50.000 km tergantung dari cara mengemudi.

Kampas rem memiliki tugas menekan piringan cakram atau tromol sehingga kecepatan mobil bisa berkurang. Ada tips mengemudi yang bisa memaksimalkan usia pakai kampas rem atau awet.

Dealer Technical Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, kalau mau kampas rem mobil awet, yang pasti gaya mengemudinya jangan agresif dan menjaga jarak aman dengan kendaraan di depannya.

Baca juga: Honda Sambut Baik Perluasan Insentif Pajak 0 Persen untuk Mobil 2.500 cc

Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.STANLY RAVEL-KOMPAS.com Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.

“Karena kalau agresif dan tidak jaga jarak, biasanya sering mengerem dan mungkin mendadak injak pedalnya. Rem mendadak ini lah yang membuat kampas lebih cepat habis,” ucap Didi kepada Kompas.com, Rabu (17/3/2021).

Kemudian jika mengemudi dengan menjaga jarak aman, berarti pengemudi bisa mengerem dari jauh sehingga kampas bisa lebiih awet. Sedangkan jika agresif, kadang pengemudi menginjak rem di kecepatan tinggi dan mepet, sehingga lebih banyak gesekannya.

Baca juga: Mulai Rp 270 Jutaan, Ini Estimasi Harga Kijang Innova jika Dapat PPnBM 0 Persen

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, tips lain untuk menghemat pemakaian kampas rem mobil yaitu dengan memanfaatkan engine brake.

“Jadi dari kecepatan tinggi mau mengerem, dia turunkan gigi transmisinya. Sehingga ada engine brake yang membantu pengereman, sehingga kampas lebih awet,” ucap Suparna kepada Kompas.com, belum lama ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X