Meminjamkan Motor ke Teman Masih Dianggap Sepele

Kompas.com - 18/03/2021, 10:22 WIB
Potongan video motor ringsek INSTAGRAM/INDO110UPPPotongan video motor ringsek

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini terjadi kecelakaan motor gede (moge) Yamaha R6 yang diunggah ke Instagram oleh akun Indo 110 Upp. Dalam video tersebut, dikatakan kalau motor tersebut merupakan pinjaman.

Motor 600cc ini terlihat ringsek parah dan ada satu unit bus yang terguling di belakangnya. Jika memang benar ini motor hasil meminjam teman, kejadian ini sudah pasti merugikan si pemilik motor. Buat estimasi saat ini moge R6 dijual minimal Rp 200 jutaan ke atas untuk produksi setelah tahun 2010.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, ketika kita meminjamkan motor ke orang lain, memang kerap dianggap hal yang biasa atau sepele. Namun, ada kalanya juga harus lihat siapa yang mau meminjamnya.

Baca juga: Estimasi Harga Fortuner jika Dapat PPnBM 0 Persen, Diskon hingga Ratusan Juta Rupiah

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by INDONESIA 110 UPP ???????? (@indo110upp)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jangan sampai kita terlalu baik meminjamkan, namun membahayakan nyawa teman kita. Karena kita tahu dia belum mahir namun kita sudah terlalu percaya meminjamkan motor kita,” ucap Agus kepada Kompas.com, Rabu (17/3/2021).

Agus mengatakan, sebagai yang mau meminjam motor, sebaiknya harus mengukur kemampuan diri. Jika memang belum bisa mengendarai motor model tertentu, jangan memaksa mencobanya, karena sangat berisiko kecelakaan.

“Selain itu, jika mengendarai motor orang lain, harus hati-hati. Jangan sampai kendaraan milik orang lain jadi rusak karena dipinjamkan,” kata Agus.

Baca juga: Estimasi Harga Pajero Sport jika Dapat PPnBM 0 Persen

Begitu juga yang dikatakan oleh Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia. meminjam atau mengendarai motor orang lain memang terlihat mudah, tapi tidak seperti yang dilihat.

Pinjam motor itu tidak boleh sembarangan, seseorang secara skill butuh waktu untuk menyesuaikan. Bisa lama kalau pemula atau cepat kalau yang sudah paham,” ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.