Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Kampas Rem Mobil Awet, Lebih Jarang Jajan

JAKARTA, KOMPAS.com – Kampas rem merupakan komponen yang penting dalam sistem pengereman mobil. Selain itu, kampas rem juga perlu diganti setiap 20.000 km sampai 50.000 km tergantung dari cara mengemudi.

Kampas rem memiliki tugas menekan piringan cakram atau tromol sehingga kecepatan mobil bisa berkurang. Ada tips mengemudi yang bisa memaksimalkan usia pakai kampas rem atau awet.

Dealer Technical Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, kalau mau kampas rem mobil awet, yang pasti gaya mengemudinya jangan agresif dan menjaga jarak aman dengan kendaraan di depannya.

“Karena kalau agresif dan tidak jaga jarak, biasanya sering mengerem dan mungkin mendadak injak pedalnya. Rem mendadak ini lah yang membuat kampas lebih cepat habis,” ucap Didi kepada Kompas.com, Rabu (17/3/2021).

Kemudian jika mengemudi dengan menjaga jarak aman, berarti pengemudi bisa mengerem dari jauh sehingga kampas bisa lebiih awet. Sedangkan jika agresif, kadang pengemudi menginjak rem di kecepatan tinggi dan mepet, sehingga lebih banyak gesekannya.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, tips lain untuk menghemat pemakaian kampas rem mobil yaitu dengan memanfaatkan engine brake.

“Jadi dari kecepatan tinggi mau mengerem, dia turunkan gigi transmisinya. Sehingga ada engine brake yang membantu pengereman, sehingga kampas lebih awet,” ucap Suparna kepada Kompas.com, belum lama ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/18/104200215/cara-membuat-kampas-rem-mobil-awet-lebih-jarang-jajan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke