Dua Faktor yang Membuat Wanita Lebih Lama Belajar Mengemudi

Kompas.com - 15/03/2021, 10:42 WIB
Ilustrasi pengemudi wanita flickr.comIlustrasi pengemudi wanita

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang beranggapan bahwa pria memiliki kemampuan mengemudi mobil lebih ahli dibanding kaum hawa.

Wanita dianggap relatif membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat mengendarai mobil karena memiliki respon yang lebih lambat dari pria.

Saat mengendarai mobil wanita sering mengalami kesulitan terutama ketika parkir, kondisi ini bisa terjadi karena wanita mudah gugup dan panik. Sedangkan pria lebih berani dan memiliki perhitungan percepatan yang jauh lebih baik.

Baca juga: Kenapa Wanita Cenderung Lebih Suka Hatchback?

Namun stigma tersebut ditepis oleh Director and Founder Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting. Menurutnya, tidak sedikit pria yang juga butuh proses lebih ketika belajar mobil.

“Kalau sebagian besar menilai pria lebih cepat lancar dibandingkan wanita, itu dikarenakan para wanita itu memiliki emosional atau kekhawatiran yang cukup tinggi, sehingga dalam bertindak terlalu dipikirkan,” ujar Roslianna saat dihubungi Kompas.com, Minggu (14/3/2021).

Ilustrasi sekolah mengemuditopgearsofm.co.uk Ilustrasi sekolah mengemudi

Roslianna melanjutkan, seperti contoh untuk ibu rumah tangga yang usianya di atas 40 tahun. Mereka sangat berhati-hati lagi dalam bertindak, serta memiliki kekhawatiran yang tinggi.

“Beda kalau masih anak kuliahan, mereka emosional tapi ketakutannya rendah. Ambisi mereka itu besar untuk menyelesaikan tantangan per sesinya, namun mereka sangat labil sehingga kita selalu mengontrol kaki kanannya untuk tidak agresif ketika menginjak gas,” katanya.

Baca juga: Hapus 8 Kebiasaan Buruk Wanita Ketika Berkendara

Ketika belajar mengemudi memang dibutuhkan kesabaran, jangan berharap langsung lihai. Biasakan untuk percaya diri memegang setir, menghadapi tikungan, menyalip jalan, dan sering berlatih untuk parkir kendaraan.

Selain itu, pengemudi pemula wanita harus menanamkan rasa percaya diri dan jangan panik, karena hal itu bisa membuat tidak fokus dan mudah terdistraksi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.