Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Hari Ini, Ada Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas Km 10 Tol Jagorawi

Kompas.com - 15/03/2021, 06:41 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) akan menggelar uji coba rekayasa lalu lintas di ruas Tol Jagorawi mulai Senin, (15/3/2021).

Lokasi tepatnya menjelang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) km 10 arah Ciawi. Adapun Rekayasa lalu lintas dilakukan sebagai upaya meningkatkan kelancaran arus kendaraan, lantaran lokasi tersebut terpantau kerap rawan kepadatan.

"Hal ini dilakukan sebagai upaya mengurai kepadatan yang sering terjadi di lokasi pertemuan lalu lintas (merging) Off Ramp TIP Km 10, antara kendaraan yang keluar dari TIP Km 10 dengan kendaraan yang melintasi di jalur utama Jalan Tol Jagorawi," ujar General Manager Representatif Office 1 Regional Jasamaraga Tri Wahyu Subekti, dalam keterangan resminya, Minggu (14/3/2021).

Baca juga: Polisi Tindak Pengendara Porsche yang Ugal-ugalan Sambil Dikawal Dishub

Uji coba rekayasa lalu lintas yang dimulai hari ini akan dilaksanakan bersama kepolisian dengan metode sebagai berikut ;

Sejumlah kendaraan melintas di ruas jalan Tol Jagorawi di Cibubur, Jakarta Timur, Senin (8/6/2020). Terpantau terjadi kepadatan kendaraan di Tol Jagorawi menuju arah Jakarta dari KM 13 Cibubur hingga KM 08 Cipayung. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/wsj. Sejumlah kendaraan melintas di ruas jalan Tol Jagorawi di Cibubur, Jakarta Timur, Senin (8/6/2020). Terpantau terjadi kepadatan kendaraan di Tol Jagorawi menuju arah Jakarta dari KM 13 Cibubur hingga KM 08 Cipayung.

1. Penempatan water barrier sepanjang 450 meter pada bahu luar dimulai dari Km 10+550 sampai Km 11+000 arah Ciawi yang bertujuan untuk mensterilkan bahu jalan, sehingga tidak digunakan sebagai jalur lalu lintas, selain kondisi darurat;

2. Penempatan Stick Cone sepanjang 15 meter mulai dari Off Ramp TIP Km 10 untuk menghindari kendaraan crossing.

Dengan adanya pelaksanaan uji coba rekayasa lalu lintas, diharapkan dapat memperbaiki arus kendaraan, meningkatkan waktu tempuh perjalanan, menertibkan, mengurangi kendaraan crossing, dan dapat memperlancar lalu lintas.

Baca juga: Mobil Terlaris Februari, Avanza-Xpander Makin Ditinggal Brio

Ruas Tol Jagorawi Jasa marga Ruas Tol Jagorawi

Selama kegiatan uji coba rekayasa berlangsung, Tri memohon kerja sama dari seluruh pengguna Jalan Tol Jagorawi agar tetap berhati-hati, tertib di lajurnya, serta memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas.

"Hasil dari uji coba ini akan dilakukan evaluasi, untuk kemudian diberlakukan secara permanen jika terbukti dapat mengurai kepadatan lalu lintas setelah keluar dari TIP Km 10 arah Ciawi," kata Tri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com