Cara Cepat Mahir Mengemudi, Ada Metodenya

Kompas.com - 12/03/2021, 11:22 WIB
Ilustrasi berkendara mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi berkendara mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika ingin mengemudikan mobil di jalan raya, syarat utama tentu harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Agar bisa mendapatkan SIM, Anda harus memenuhi berbagai persyaratan, salah satunya adalah mahir mengemudikan mobil.

Selain itu, untuk bisa mahir mengemudikan mobil, butuh keterampilan dan latihan yang cukup. Kemampuan menyetir tentunya harus bertambah seiring dengan pengalaman di jalan raya.

Baca juga: Konsumen Masih Bisa Pesan Nmax Model Lama

Bagi Anda yang belum bisa dan ingin mengemudikan mobil, sebaiknya mengikuti kursus mengemudi. Lokasi kursus yang aman dan waktunya juga bisa menyesuaikan dengan keinginan peserta.

Lantas, adakah cara supaya bisa cepat mahir mengemudikan mobil?

Ilustrasi seorang yang tengah mengikuti kursus mengemudi sedang melakukan manuver.https://putonthebrakes.files.wordpress.com/ Ilustrasi seorang yang tengah mengikuti kursus mengemudi sedang melakukan manuver.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, mahir mengemudikan mobil ada metodenya. Sebelum praktik mengemudi di jalan, peserta wajib mengikuti kelas teori awal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Isi pelajaran teori ini membahas kesiapan fisik dan psikis pengemudi, teknik pemeriksaan kendaraan, persiapan sebelum mengemudi, serta teknik mengemudikan kendaraan yang benar di setiap posisi.

“Jadi ketika tahap praktik, peserta juga melakukan apa yang sudah dipelajari melalui kelas teori. Dengan begitu, peserta tahu apa yang harus dilakukan dalam situasi tertentu,” ujar Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Insentif PPnBM, Industri Otomotif Nasional Ditargetkan Pulih 2023

Marcell juga menyarakan, untuk pemula yang ingin belajar mengemudikan mobil, lebih baik dilakukan dalam waktu berantai tanpa jeda. Misalnya, satu minggu, maka dalam 7 hari berurutan harus belajar terus-menerus, jangan ada libur.

“Sebaiknya dilakukan secara berturut-turut, tidak selang-seling. Hal tersebut dikarenakan materi yang sebelumnya masih segar sehingga tidak ada penurunan penyerapan materi yang terlalu besar,” kata Marcell.

Pemilihan jadwal kursus memang tidak terbatas, bisa menyesuaikan jadwal peserta dan tempat kursus. Sebaiknya memilih jadwal latihan yang tidak berjauhan selang waktunya.

“Waktu kursus dipilih oleh peserta dan menyesuaikan dengan jadwal yang ada di tempat kursus mengemudi,” kata Marcell.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.