Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cepat Mahir Mengemudi, Ada Metodenya

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika ingin mengemudikan mobil di jalan raya, syarat utama tentu harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Agar bisa mendapatkan SIM, Anda harus memenuhi berbagai persyaratan, salah satunya adalah mahir mengemudikan mobil.

Selain itu, untuk bisa mahir mengemudikan mobil, butuh keterampilan dan latihan yang cukup. Kemampuan menyetir tentunya harus bertambah seiring dengan pengalaman di jalan raya.

Bagi Anda yang belum bisa dan ingin mengemudikan mobil, sebaiknya mengikuti kursus mengemudi. Lokasi kursus yang aman dan waktunya juga bisa menyesuaikan dengan keinginan peserta.

Lantas, adakah cara supaya bisa cepat mahir mengemudikan mobil?

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, mahir mengemudikan mobil ada metodenya. Sebelum praktik mengemudi di jalan, peserta wajib mengikuti kelas teori awal.

Isi pelajaran teori ini membahas kesiapan fisik dan psikis pengemudi, teknik pemeriksaan kendaraan, persiapan sebelum mengemudi, serta teknik mengemudikan kendaraan yang benar di setiap posisi.

“Jadi ketika tahap praktik, peserta juga melakukan apa yang sudah dipelajari melalui kelas teori. Dengan begitu, peserta tahu apa yang harus dilakukan dalam situasi tertentu,” ujar Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

Marcell juga menyarakan, untuk pemula yang ingin belajar mengemudikan mobil, lebih baik dilakukan dalam waktu berantai tanpa jeda. Misalnya, satu minggu, maka dalam 7 hari berurutan harus belajar terus-menerus, jangan ada libur.

“Sebaiknya dilakukan secara berturut-turut, tidak selang-seling. Hal tersebut dikarenakan materi yang sebelumnya masih segar sehingga tidak ada penurunan penyerapan materi yang terlalu besar,” kata Marcell.

Pemilihan jadwal kursus memang tidak terbatas, bisa menyesuaikan jadwal peserta dan tempat kursus. Sebaiknya memilih jadwal latihan yang tidak berjauhan selang waktunya.

“Waktu kursus dipilih oleh peserta dan menyesuaikan dengan jadwal yang ada di tempat kursus mengemudi,” kata Marcell.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/12/112200515/cara-cepat-mahir-mengemudi-ada-metodenya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke