Honda Gelontorkan Rp 5,2 Triliun, Mau Relokasi Pabrik ke Indonesia

Kompas.com - 12/03/2021, 07:22 WIB
Logo Honda dok.reutersLogo Honda

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Motor Company Ltd akan melakukan penambahan investasi di Indonesia sebesar Rp 5,2 triliun untuk mengembangkan potensi pasar, produk baru, termasuk relokasi pabrik dari India hingga 2024.

Sehingga, perseroan bisa melakukan ekspansi kegiatan produksi mobil dan komponen di dalam negeri, serta memperkuat produk baru untuk diekspor ke negara-negara potensial baru.

Demikian yang diungkapkan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita usai melakukan kunjunga kerja di Jepang, Kamis (11/3/2021).

Baca juga: Tambah Investasi Rp 11,2 T di Indonesia, Mitsubishi Mau Genjot Ekspor

Ekspor Honda Brio ke Filipinadok.HPM Ekspor Honda Brio ke Filipina

"Pertemuan kedua (prinsipal otomotif di Jepang) ialah Honda. Mereka berikan komitmen bahwa akan menambah investasi sampai tahun 2024 sekitar Rp 5,2 triliun, termasuk dalam pengembangan model baru di Indonesia," ucap Agus.

"Honda memiliki komitmen untuk ekspansi kegiatan produksi di Indonesia. Bahkan juga sampai hari ini sudah melakukan ekspor yang sangat besar dalam hal autoparts," ucap Menperin, melanjutkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diketahui, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Honda Indonesia rata-rata melakukan kegiatan pengkapalan komponen otomotif diproduksi di dalam negeri sebanyak 3-7 juta pis per tahun.

Baca juga: Insentif PPnBM, Industri Otomotif Nasional Ditargetkan Pulih 2023

Honda Brio Satya CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Brio Satya CVT

Komponen tersebut dikirimkan ke Thailand, Malaysia, Vietnam, Jepang, Pakistan, Arab Saudi, serta 9 negara tujuan ekspor lainnya. Hanya saja untuk ekspor mobil secara utuh atau completely built-up (CBU) baru ke dua negara, yakni Vietnam dan Filipina.

"Melalui komitmen itu pula, Honda berencana untuk memperkuat model baru mulai 2022 agar memperluas jangkauan pasar ekspor ke 31 negara yang terdiri dari Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Asia, sampai Afrika," ucap Agus.

Ilustrasi Pabrik Honda Ilustrasi Pabrik Honda

Relokasi Pabrik India ke Indonesia

Tidak hanya itu, Agus juga mengatakan bahwa Honda dalam beberapa tahun ke depan akan memindahkan fasilitas pabrik yang ada di India ke Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.