Alasan Honda Tak Bawa City Hatchback 1.000 cc Turbo ke Indonesia

Kompas.com - 03/03/2021, 17:21 WIB
Honda City Hatchback Dok. HPMHonda City Hatchback
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbeda dengan unit yang hadir di luar negeri, Honda City Hatchback di Indonesia tak mengusung varian bermesin turbo. Sebagai gantinya, PT Honda Prospect Motor (HPM) hanya menyediakan unit 1.500 cc N/A.

Seperti diketahui, di Thailand maupun Malaysia, City Hatchback dilengkapi dengan mesin 1.000 cc Turbo 3-silinder DOHC VTEC yang bertenaga 122 ps atau setara 120 tk pada 5.500 rpm dan torsi 173 Nm pada 2.000 hingga 4.500 rpm.

City Hatchback juga diklaim ramah lingkungan karena memenuhi standar Euro 5 dan memiliki emisi gas buang hanya 100 gram per kilometer. Lantas, apa alasan HPM tak membawa mesin berkapasitas kecil ini?

Baca juga: Daftar Lengkap Mobil Honda yang Dapat Diskon Pajak, HR-V Paling Besar

Mesin 1.000 cc turbo milik Honda City 2020paultan.org Mesin 1.000 cc turbo milik Honda City 2020

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, beralasan mesin 1.500 cc yang diusung City Hatchback sudah memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia.

“Kami melakukan studi panjang ya, mau yang mana, terus terang variannya ada banyak,” ujar Billy, dalam konferensi virtual (3/3/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami menilai yang dipakai saat ini benar-benar memenuhi kebutuhan konsumen, dalam hal performa dan juga efisiensi bahan bakar,” katanya.

Baca juga: Dapat Insentif Pajak dan Diskon dari Diler, Harga Terios Mulai Rp 180 Jutaan

Honda City HatchbackDok. HPM Honda City Hatchback

Walau demikian, pihaknya tak menutup kemungkinan dengan kehadiran varian dan tipe lain pada masa mendatang.

“Kami akan pelajari terus trennya seperti apa, kebutuhan konsumennya seperti apa. Untuk selalu menciptakan produk yang benar-benar sesuai kebutuhan pasar,” ucap Billy.

“Jadi menurut kami mesin tersebut sudah cocok sekali dengan konsumen Indonesia. Efisiensi bahan bakar juga lebih baik daripada Jazz kemarin, berdasarkan catatan kami lebih hemat 3 persen,” tuturnya.

Baca juga: Tim Pertamina Mandalika Jadi yang Tercepat di Sesi Tes Valencia

Honda City Hatchback resmi meluncur di Indonesia.Dok. HPM Honda City Hatchback resmi meluncur di Indonesia.

Bicara soal dapur pacu, City Hatchback RS didukung mesin 1.500 cc 4-silinder DOHC, 16 katup i-VTEC.

Mesin ini menghasilkan tenaga 121 PS atau setara 119 tk pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Serta dikombinasikan dengan pilihan transmisi CVT atau manual 6-percepatan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X