Terdampak Pandemi, Kredit Otomotif Tahun Lalu Turun 51 Persen

Kompas.com - 23/02/2021, 08:22 WIB
Ilustrasi membeli mobil istimewaIlustrasi membeli mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Turunnya penjualan kendaraan pada tahun lalu telah berdampak pada capaian tahunan perusahaan pembiayaan. Seperti yang dialami Adira Finance, yang membukukan penurunan tajam di sepanjang 2020.

Hafid Hadeli, Presiden Direktur Adira Finance, mengatakan, anjloknya penjualan otomotif pada tahun lalu membuat pihaknya hanya sanggup membukukan pembiayaan sebesar Rp 18,6 triliun atau turun 51 persen year on year (yoy) dari tahun sebelumnya.

“Pembiayaan baru pada segmen mobil dan sepeda motor masing-masing menurun sebesar 46 persen (yoy) dan 52 persen (yoy),” ujar Hafid, dalam keterangan resmi (22/2/2021).

Baca juga: Rocky dan Xenia Baru Meluncur Tahun Ini, Ini Bocoran Daihatsu

Ilustrasi pelayanan Adira Finance.Baihaki/Kontan Ilustrasi pelayanan Adira Finance.

“Sehingga pangsa pasar kami pada segmen mobil dan sepeda motor juga ikut turun masing-masing menjadi 4,1 persen dan 9,5 persen pada tahun 2020,” katanya.

Hafid juga mengatakan, secara keseluruhan penurunan penjualan otomotif disebabkan beberapa hal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mulai dari lemahnya daya beli konsumen, penurunan investasi, gangguan kegiatan usaha, dan adanya pengetatan dalam akuisisi pembiayaan baru dalam menghadapi risiko kredit yang mengikat.

Baca juga: Belajar dari Tabrakan Maut Avanza dengan Bus, Ingat Cara Aman Menyalip

Suasana booth Toyota di IIMS 2017.TAM Suasana booth Toyota di IIMS 2017.

Adira mencatat, penjualan pasar mobil baru di pasar domestik untuk segmen ritel turun 44 persen (yoy) pada 2020. Sementara penjualan sepeda motor baru pada periode yang sama juga turun sebesar 38 persen.

“Kami juga lebih berhati-hati dalam melakukan akuisisi pembiayaan baru pada tahun lalu untuk menghadapi peningkatan risiko kredit,” kata Hafid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.