Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MUF Mulai Garap Pembiayaan Otomotif Syariah

Kompas.com - 14/09/2020, 14:05 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) dan Mandiri Utama Finance (MUF) menjalin sinergi, dalam rangka memperluas layanan pembiayaan kepemilikan kendaraan (otomotif) dengan skema syariah.

Sinergi tersebut diperkuat dengan penandatanganan perjanjian kerjasama perihal penyaluran pembiayaan secara joint financing, optimalisasi customer base, serta perluasan jaringan pemasaran MUF.

Jenis kendaraan yang dapat dibiayai juga akan semakin beragam yakni jenis kendaraan mobil baru, mobil bekas, dan motor baru.

Baca juga: Boleh Beroperasi, Dishub DKI Imbau Ojol Jangan Berkerumun

Penandatanganan tersebut merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi antar anak perusahaan Bank Mandiri dalam memperluas penetrasi pasar pembiayaan syariah.

Dilakukan secara virtual oleh Direktur Mandiri Syariah Ade Cahyo Nugroho dan Direktur MUF Rita Mustika serta disaksikan oleh SEVP Mandiri Syariah Karya Prasetya Budi, Pejabat Executive MUF Yusuf Budi Baik, serta SVP MUF Abdul Rochim di Jakarta, Senin (14/9/2020).

“Setiap perusahaan memiliki core competence. Sampai dengan Juni 2020 Mandiri Syariah memiliki kekuatan DPK yang sangat baik khususnya tabungan yang mencapai Rp42,52 triliun atau tumbuh 17,04 persen year on year,” jelas Direktur Finance, Strategy & Treasury Mandiri Syariah Ade Cahyo Nugroho.

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) dan Mandiri Utama Finance (MUF) menjalin sinergi dalam rangka memperluas layanan pembiayaan kepemilikan kendaraan (otomotif) dengan skema syariah.KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) dan Mandiri Utama Finance (MUF) menjalin sinergi dalam rangka memperluas layanan pembiayaan kepemilikan kendaraan (otomotif) dengan skema syariah.

Ade Cahyo menambahkan untuk tahap awal Mandiri Syariah menyalurkan pembiayaan kepada MUF sebesar Rp 500 miliar selain mendukung dalam penyediaan infrastruktur IT, jaringan distribusi yang luas di seluruh Indonesia dan likuiditas yang kuat untuk memastikan ekspansi pembiayaan lebih luas.

Hingga Juni 2020, pembiayaan retail Mandiri Syariah dapat tumbuh dengan baik terjaga di level 1,1 persen. Mandiri Syariah fokus pada target segmen dengan portofolio pembiayaan kendaraan posisi Juni 2020 sebesar 2,7 triliun sejak dilaunching secara nasional pada awal 2018.

Baca juga: Kupas Tuntas Fitur Keselamatan Wuling Cortez CT Type C, L dan S

Sementara itu, Direktur MUF Rita Mustika menambahkan, dengan jaringan luas yang telah dimiliki oleh MUF, dan berkolaborasi dengan Mandiri Syariah, pelanggan semakin dapat dimudahkan untuk memiliki kendaraan dengan prinsip syariah.

“Dengan core competence yang dimiliki MUF maka akan memperkuat sinergi dengan BSM. MUF memiliki varian produk yang lengkap serta didukung oleh 6.978 jaringan dealer dan showroom rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia. MUF saat ini juga telah mengelola aset sebesar 11.5 trilyun sampai akhir Agustus 2020,” ujar Rita.

Melalui kolaborasi Mandiri Syariah dan MUF diharapkan efisiensi bagi masing-masing perusahaan dapat berjalan lebih optimal baik dari aspek biaya, sumber daya, maupun proses pembiayaan.

Tidak hanya itu, nasabah juga akan semakin mudah dalam melakukan pembayaran angsuran karena dapat dilakukan di payment channel kedua perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com