Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Ugal-ugalan Sopir dan Kernet Truk, Enggak Keren tapi Bodoh

Kompas.com - 11/02/2021, 16:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kembali lagi terjadi aksi truk oleng di jalan raya. Tampaknya, membuat oleng truk dengan sengaja ini sedang menjadi tren, si sopir dan kernet pun merasa keren jika melakukannya.

Misalnya yang diunggah oleh akun Agoez Bandz 4 di Instagram, kernet truk keluar dari kabinnya dan menggoyang-goyangkan truk dengan sengaja.

Kejadian ini pun direkam oleh pengendara motor yang terdengar antusias melihat aksi truk ini.

Menanggapi video tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, itu merupakan kelakuan bodoh yang dipertontonkan dan dibanggakan.

Baca juga: Ganjil Genap di Bogor Diperketat Selama Libur Imlek

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

 

“Dia tidak hanya mempermalukan diri sendiri, tapi dengan adanya video viral ini, kita belajar untuk tidak berbuat yang sama bodohnya,” ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (11/2/2021).

Selain itu, Sony mengatakan, orang tersebut bertindak tanpa akal sehat atau sakit jiwa. Pengemudinya juga termasuk melanggar hukum karena membiarkan tindakan bahaya. Sebagai pengemudi, itu tugasnya bertanggung jawab.

“Pengemudi bertanggung jawab terhadap keselamatan diri, orang lain, lingkungan, barang bawaan, dan kendaraan. Ketika truk dibuat oleng, risiko selipnya tinggi saat bertemu jalan yang berpasir, oli, maupun air,” kata Sony.

Baca juga: Bamsoet Perkenalkan Motor Listrik Baru, Harga di Bawah Rp 10 Juta

Kemudian, jangan merasa paling hebat dengan melakukan aksi yang berbahaya di tempat umum dan bisa mencederai orang lain. Bagi pengendara atau pengemudi lainnya, jangan dekat-dekat dengan truk yang seperti ini.

“Karena kalau dia jatuh dan menyenggol mobil kita sekalipun kita tidak salah, maka bisa terseret kasus hukum,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com