Jadi Makin Murah, Ini Deretan Mobil Daihatsu yang Dapat Relaksasi Pajak

Kompas.com - 18/02/2021, 08:12 WIB
Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 Daihatsu Xenia di GIIAS 2019
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah mengumumkan untuk membebaskan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) bagi pembelian mobil baru pada 2021.

Relaksasi diberikan sebesar 100 persen, 50 persen, dan 25 persen berlaku masing-masing tiga bulan terhitung Maret-November 2021.

Namun ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi mobil agar mendapatkan insentif. Salah satunya merupakan mobil penumpang dengan penggerak 4x2.

Baca juga: Diperpanjang, Ini Lokasi Penyekatan Ganjil Genap Bogor

Daihatsu Terios di Pantai Mahala, Kolaka Daihatsu Terios di Pantai Mahala, Kolaka

Mobil tersebut seperti MPV, hatchback SUV, hingga sedan dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500 cc dan punya Tingkat Kandungan Lokal Dalam Negeri (TKDN) sebanyak 70 persen.

Dari merek Suzuki, sebetulnya ada beberapa produk yang punya kapasitas mesin di bawah 1.500 cc. Namun kami mencatat hanya Xenia, Rush, dan Luxio yang masuk persyaratan tersebut.

Untuk LCGC seperti Sigra atau Ayla, sudah tak dikenakan pajak PPnBM, sehingga harganya tidak bisa lebih murah lagi. Sedangkan Sirion didatangkan secara utuh dari Malaysia.

Baca juga: Bus dengan Bagasi Tembus Bersasis Khusus

Modifikasi Daihatsu Gran Max dengan Konsep Stance.Kompas.com/Donny Modifikasi Daihatsu Gran Max dengan Konsep Stance.

Sementara Gran Max minibus maupun pikap juga tak bisa mendapat diskon pajak, sebab kendaraan niaga sudah dikenakan PPnBM 0 persen.

Meski begitu, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, mengatakan, pihaknya masih menantikan petunjuk teknis penerapan aturan tersebut.

Amelia mempertanyakan prosedur pengajuan relaksasi pajak ini. Pasalnya, ada potensi diler mengalami kerugian, lantaran unit yang diproduksi pada awal tahun ini sudah dibayarkan PPnBM-nya.

Baca juga: Deretan Mobil Honda yang Dapat Insentif PPnBM, Jazz Jadi Seharga Mobilio

Daihatsu New Luxio di Gelora Sriwijaya, Palembang, Sumatera SelatanFebri Ardani Daihatsu New Luxio di Gelora Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan

Sementara jika insentif berlaku Maret mendatang, artinya stok mobil produksi Januari-Februari yang sudah ada di diler bisa tidak laku. Karena harga jual yang lebih mahal lantaran belum mendapat diskon pajak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X