Belajar Sejarah Warna Ikonik Tricolor Honda

Kompas.com - 17/02/2021, 09:42 WIB
Honda CBR600RR             Foto: AHMHonda CBR600RR


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini Repsol Honda di MotoGP boleh jadi warna yang sangat populer di dunia balap. Apalagi setelah Marc Marquez juara dunia berkali-kali.

Tiap peluncuran motor baru Honda, livery Repsol juga kerap ditanyakan konsumen. Bisa dikatakan warna orange-merah yang dipakai Marquez identik dengan Honda.

Meski demikian sebelum ada Repsol Honda, pabrikan punya warna ikonik sendiri yaitu Honda tricolor, paduan merah putih dan biru atau red white blue (RWB).

Baca juga: Heboh Warga Satu Kampung Beli Ratusan Mobil Baru, Diler Kewalahan

Honda NR500Foto: global.honda Honda NR500

Seperti diketahui Honda identik dengan warna merah, tapi di dunia balap yang ikonik ialah RWB. Bahkan warna RWB ini juga dipakai oleh Honda Racing Corporation (HRC).

RWB merupakan warna tim balap Honda sejak lama. Paduan warna legendaris ini telah menjadi ikon sejak puluhan tahun lalu sebagai representasi kekuatan teknologi balap Honda.

RWB bermula dari keikutsertaan Honda pada ajang balap legendaris Isle of Man TT di tahun 1959 dengan mesin yang didominasi warna merah.

Honda TricolorFoto: global.honda Honda Tricolor

Warna ini kemudian populer pada sekitar 1970, di saat pebalap Honda mulai memperkenalkan kombinasi tiga warna merah, biru, dan putih pada baju balapnya.

Pada 1973, sepeda motor pertama Honda yang menggunakan paduan warna merah, biru, dan putih tersemat pada Honda CB750 yang digunakan pada ajang Daytona 200 mile di Amerika Serikat.

Baca juga: Kata Komunitas Soal Mitsubishi Pajero Sport Facelift

Evolusi kemudian berlanjut, hingga pada 1980 era warna Tricolor semakin mendunia.

Tersedia dalam dua pilihan warna hitam karbon dan Tricolor-Honda.Donny Apriliananda/Kompas.com Tersedia dalam dua pilihan warna hitam karbon dan Tricolor-Honda.

Motor Honda dengan warna ikonik merah, putih, dan biru makin banyak dijumpai pada ajang balap dan menjadi simbol kekuatan balap Honda.

Beberapa diantaranya ialah kejuaraan World GP 1979 dan Honda XR500R yang berhasil menjuarai Reli Paris-Dakkar 1982.

Terinpirasi dari semangat balap warna Tricolor kini diaplikasikan pada beragam motor Honda yang dipasarkan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X