Bahas Fitur Unggulan Motor Supersport Honda CBR600RR

Kompas.com - 17/02/2021, 09:02 WIB
Honda CBR600RR Dok. HondaHonda CBR600RR

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda CBR600RR sudah resmi dipasarkan di Indonesia. Motor supersport ini tidak hanya kencang, tapi juga dibekali dengan beragam fitur modern berteknologi canggih.

Dimulai dari sistem pencahayaannya, semuanya sudah menggunakan teknologi LED, mulai dari lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein.

Baca juga: Honda CBR600RR Meluncur di Indonesia, Harganya Setengah MIliar Rupiah

Setelah itu, di bagian panel meter sudah menggunakan layar TFT berukuran besar dan full digital. Layarnya juga mampu menampilkan dua mode yang bisa dipilih, yakni Street dan Circuit.

Honda CBR600RRDok. Honda Honda CBR600RR

Untuk menyesuaikan dengan selera pengendaranya, CBR600RR dibekali dengan tiga mode berkendara, antara lain Fast Riding, Fun Riding, dan Comfortable Riding.

CBR600RR juga memberi opsi bagi pengendara untuk membuat mode berkendara sendiri sesuai karakter berkendaranya melalui dua slot yang dapat mengatur tenaga (5 level), HSTC (9 level+off), wheelie control (3 level+off), dan engine brake (3 level).

Baca juga: All New CBR600RR Versi HRC, Lebih Beringas!

CBR600RR juga sudah dibekali sensor Inertial Measurment Unit (IMU) untuk mendeteksi posisi angle sepeda motor. Komponen ini bekerja bersama Honda Selectabe Torque Control (HSTC) dan Engine Control Unit (ECU), menjaga ban belakang tidak selip ketika berakselerasi dan menikung. Perangkat tersebut juga meminimalisasi ban depan terangkat saat akselerasi berlebihan.

Honda CBR600RRDok. Honda Honda CBR600RR

IMU pada CBR600RR juga bekerja sama dengan Honda Electronic Steering Damper (HESD). Fitur ini menawarkan tiga mode penyetelan (hard, medium, dan soft).

Dilengkapi assist/ slipper clutch, yang membuat pengoperasian tuas kopling semakin ringan, sekaligus mengurangi efek engine brake saat pengendara menurunkan gigi transmisi. Throttle by wire juga membuat bukaan gas semakin presisi.

Honda CBR600RRDok. Honda Honda CBR600RR

Selain itu, penyematan fitur Emergency Stop Signal (ESS) pada CBR600RR menunjang keselamatan pada saat pengereman mendadak. Fitur ini secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat rem dioperasikan.

Untuk sistem keamanannya, CBR600RR dilengkapi dengan sistem mekanisme anti pencurian dari Honda, yakni Honda Ignition Security System (HISS). Di bagian pengereman, juga terdapat fitur Anti-lock Braking System (ABS) pada rem depan dan rem belakang.

Baca juga: Honda PCX 160 Resmi Mengaspal di Jawa Barat

Honda CBR600RRDok. Honda Honda CBR600RR

Honda CBR600RR dipasarkan dengan harga Rp 550.000.000 (OTR Jakarta) dan hanya tersedia satu warna, yakni Tricolor.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X