Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Belajar Sejarah Warna Ikonik Tricolor Honda

Tiap peluncuran motor baru Honda, livery Repsol juga kerap ditanyakan konsumen. Bisa dikatakan warna orange-merah yang dipakai Marquez identik dengan Honda.

Meski demikian sebelum ada Repsol Honda, pabrikan punya warna ikonik sendiri yaitu Honda tricolor, paduan merah putih dan biru atau red white blue (RWB).

Seperti diketahui Honda identik dengan warna merah, tapi di dunia balap yang ikonik ialah RWB. Bahkan warna RWB ini juga dipakai oleh Honda Racing Corporation (HRC).

RWB merupakan warna tim balap Honda sejak lama. Paduan warna legendaris ini telah menjadi ikon sejak puluhan tahun lalu sebagai representasi kekuatan teknologi balap Honda.

RWB bermula dari keikutsertaan Honda pada ajang balap legendaris Isle of Man TT di tahun 1959 dengan mesin yang didominasi warna merah.

Warna ini kemudian populer pada sekitar 1970, di saat pebalap Honda mulai memperkenalkan kombinasi tiga warna merah, biru, dan putih pada baju balapnya.

Pada 1973, sepeda motor pertama Honda yang menggunakan paduan warna merah, biru, dan putih tersemat pada Honda CB750 yang digunakan pada ajang Daytona 200 mile di Amerika Serikat.

Evolusi kemudian berlanjut, hingga pada 1980 era warna Tricolor semakin mendunia.

Motor Honda dengan warna ikonik merah, putih, dan biru makin banyak dijumpai pada ajang balap dan menjadi simbol kekuatan balap Honda.

Beberapa diantaranya ialah kejuaraan World GP 1979 dan Honda XR500R yang berhasil menjuarai Reli Paris-Dakkar 1982.

Terinpirasi dari semangat balap warna Tricolor kini diaplikasikan pada beragam motor Honda yang dipasarkan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/17/094200315/belajar-sejarah-warna-ikonik-tricolor-honda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke