Penuh Ketegangan, Marquez dan Pol Espargaro Tak Pernah Saling Bicara

Kompas.com - 04/02/2021, 19:01 WIB
Marc Marquez dan Pol Espargaro di kelas Moto2. AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE (Photo by GIUSEPPE CACACE / AFP) GIUSEPPE CACACEMarc Marquez dan Pol Espargaro di kelas Moto2. AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE (Photo by GIUSEPPE CACACE / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai MotoGP 2021, Marc Marquez akan mendapat rekan setim yang baru, yakni Pol Espargaro. Tak banyak yang tahu bahwa kedua pebalap ini sebenarnya pernah berseteru.

Marquez dan Pol tumbuh di era yang sama. Keduanya juga bertemu di kelas yang sama, mulai dari 125 cc, Moto2, hingga sekarang di MotoGP.

Baca juga: Pol Espargaro Yakin Tak Akan Jadi Korban Honda RC213V

"Mungkin tahun-tahun yang paling tegang yang saya ingat itu tahun 2010 dan 2012," ujar Marquez, kepada DAZN Spain, dikutip dari GPone.com.

Marc Marquez dan Pol Espargaro di kelas 125 cc. AFP PHOTO / ANDREW YATES (Photo by ANDREW YATES / AFP)ANDREW YATES Marc Marquez dan Pol Espargaro di kelas 125 cc. AFP PHOTO / ANDREW YATES (Photo by ANDREW YATES / AFP)

Di tahun 2010, Marquez dan Pol bersaing untuk meraih gelar juara dunia 125 cc. Marquez berhasil jadi juara dunia, sementara Pol ada di peringkat ketiga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, di tahun 2012, keduanya kembali bersaing ketat, kali ini untuk perebutan gelar juara dunia Moto2. Marquez keluar sebagai juara dunia, sedangkan Pol di peringkat kedua.

Baca juga: Flashback 2020, Pol Espargaro Sebut Musim yang Menguras Emosi

Pol baru berhasil jadi juara dunia Moto2 di tahun 2013. Tahun berikutnya, Pol naik ke kelas MotoGP dan bergabung bersama Yamaha Monster Tech 3.

"Kami hampir tidak pernah ngobrol. Ada persaingan, dan saya yakin dia tidak tahan dengan saya. Itu karena adanya persaingan," kata Marquez.

Marc Marquez dan Pol Espargaro di kelas Moto2. AFP PHOTO / MIGUEL RIOPA (Photo by MIGUEL RIOPA / AFP)MIGUEL RIOPA Marc Marquez dan Pol Espargaro di kelas Moto2. AFP PHOTO / MIGUEL RIOPA (Photo by MIGUEL RIOPA / AFP)

Tapi, di MotoGP hubungan keduanya semakin membaik. Marquez menganggap kejadian di masa lalu termasuk ke dalam proses pendewasaan.

"Anda menjadi dewasa dan memahami pentingnya ada persaingan di trek, karena itu yang membuat Anda meningkat. Sekarang, saya dan Pol sangat baik-baik saja," ujar Marquez.

Marquez menambahkan, dirinya ingin bisa bersaing untuk juara dunia bersama Pol. Dia pun memaklumi jika nantinya akan ada ketegangan antara dirinya dan Pol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.