Kinerja Ekspor Truk dan Bus Meningkat, Isuzu Geser Hino

Kompas.com - 04/02/2021, 14:01 WIB
PT Isuzu Astra Motor Indonesia melakukan ekspor perdana dari model Traga, Karawang, Kamis (12/12/2019). PT Isuzu Astra Motor Indonesia melakukan ekspor perdana dari model Traga, Karawang, Kamis (12/12/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) Pelabuhan Tanjung Priok mencatat aktivitas bongkar muat atau ekspor kendaraan jenis truk dan bus sepanjang 2020 mengalami kenaikan signifikan.

Dibandingkan tahun sebelumnya, terjadi lonjakkan hingga 108,51 persen dari 2.138 unit menjadi 4.458 unit. Padahal, di periode tersebut aktivitas bisnis terhadang pandemi Covid-19.

Peningkatan ini seiring terjadinya pertumbuhan ekspor truk dan bus oleh merek Isuzu yang mencangkup sekitar 79 persen dari jumlah pengkapalan kendaraan sejenis atau 3.554 unit.

Baca juga: Minat Pikap Esemka Bima, Cek Harganya Saat Ini

Hino jalin kerja sama peremajaan truk Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) Organda DKI.Dok. Hino Hino jalin kerja sama peremajaan truk Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) Organda DKI.

Alhasil, Isuzu dinobatkan sebagai pengekspor nomor satu kategori truk dan bus di Tanah Air sepanjang Januari-Desember 2020, menggantikan posisi Hino.

Hino dalam periode yang sama mengalami penurunan performa sampai 57,10 persen menjadi 780 unit dari 1.818 unit di sepanjang 2019.

Selain Isuzu, ekspor Volvo juga mencatatkan kenaikan sebesar 47 peren dibandingkan tahun lalu. Lantas diikuti oleh merek Caterpillar yang naik 20,75 persen jadi 64 unit.

Baca juga: ETLE Belum Diterapkan, Bukan Berarti Bebas Melanggar Lalu Lintas

"Diharapkan, permintaan akan transportasi niaga dan alat berat dapat kembali meningkat tahun ini seiring pulihnya industri pertambangan, perkebunan, kehutanan, serta konstruksi," tulis manajemen IPCC, Senin (1/2/2021).

Sementara itu, pada kategori alat berat, penanganan kendaraan turun tipis dari 1.879 di 2019 menjadi 1.820 unit. Alat berat yang diekspor di terminal IPCC dikasai merek Hitachi sebesar 54,29 persen.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X