Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Pernah Tolak Lorenzo dan Lebih Pilih Joan Mir

Kompas.com - 28/01/2021, 14:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JEREZ, KOMPAS.com - Mantan manager Suuzki Ecstar Davide Brivio mengatakan Suzuki pernah punya kesempatan untuk mendapatkan Jorge Lorenzo tapi justru memilih Joan Mir.

Pada 2019 Suzuki memang membuat keputusan yang sulit. Antara merekrut pebalap muda atau mendapatkan pebalap senior berstatus juara dunia MotoGP tiga kali.

"Kami memiliki ide untuk merekrut pembalap muda seperti Rins. Ada Vinales dan Rins, mari kita coba mendapatkan yang lain. Kami memikirkan Joan Mir karena di Moto3 memenangkan balapan dan menarik perhatian saya," kata Brivio mengutip Motosport-Total.com, Kamis (28/1/2021).

Baca juga: Ternyata Suzuki Pernah Mau Gaet Rossi, tetapi Ditolak

Davide Brivio, Manager Tim Suzuki MotoGP.MOTORSPORT.com Davide Brivio, Manager Tim Suzuki MotoGP.

Padahal saat itu ada peluang untuk mendapatkan Lorenzo yang akan berpisah dengan Ducati. 

"Saat itu juga ada peluang untuk mengontrak Jorge Lorenzo," kata Brivio.

“Pada akhirnya kami harus memilih antara Lorenzo dan Mir. Itu bukan keputusan antara dua pebalap, tapi pertanyaan filosofi dan arah yang ingin kami ambil," katanya.

"Apakah kami lebih suka memiliki pebalap berpengalaman seperti Lorenzo atau lebih suka mengembangkan bakat muda?," kata Brivio.

Brivio kemudian memilih untuk merekrut Mir. Pertaruhan yang kini terbukti berhasil. Joan Mir berhasil meraih gelar juara dunia di musim kedua pada 2020.

"Semakin banyak kami mengetahui tentang Joan, semakin jelas bahwa kami berurusan dengan pebalap spesial," kata Brivio.

Baca juga: Ini Peran Valentino Rossi di Tim Satelit MotoGP 2021

Jorge Lorenzo saat masih bersama Honda. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)PIERRE-PHILIPPE MARCOU Jorge Lorenzo saat masih bersama Honda. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Mir berhasil memberikan gelar juara dunia buat Suzuki di era MotoGP modern, yang terakhir diberikan Kenny Roberts bersama Telefonica Movistar di era 2-tak.

Adapun Lorenzo, kata Brivio Lorenzo sebetulnya suka Suzuki tapi menurut sang manager akan sulit sebab X-Fuera punya kesempatan membalap dengan Honda.

"Dia menyukai Suzuki, tetapi manajernya memberi tahu kami bahwa ada masalah karena dia punya opsi dengan Honda," katanya.

Akhirnya pada 2019 Suzuki mengontrak Mir, sedangkan Lorenzo bergabung ke Repsol Honda. Meski di Honda karirnya tidak lancar dan mengumumkan mengundurkan diri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com