Ternyata Suzuki Pernah Mau Gaet Rossi, tetapi Ditolak

Kompas.com - 27/01/2021, 07:42 WIB
Joan Mir saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP) LLUIS GENEJoan Mir saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki kembali ke ajang MotoGP pada 2015 setelah vakum selama tiga tahun. Pebalapnya waktu itu ialah duet Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.

Satu hal yang jarang diketahui ialah sebelum mengontrak dua pebalap Spanyol tersebut, Suzuki sempat mencoba mendekati Valentino Rossi untuk bergabung.

Cerita ini diungkapkan oleh Davide Brivio, mantan manajer tim Suzuki Ecstar yang musim depan pindah menjadi pemimpin tim Formula 1.

Baca juga: Suzuki Belum Punya Manajer Tim MotoGP Baru Setelah Brivio Mundur

Brivio mengatakan, Shinichi Sahara, kepala proyek MotoGP Suzuki menghubunginya untuk menanyakan Rossi. Saat itu Brivio belum bersama Suzuki.

Davide Brivio, Manager Tim Suzuki MotoGP.MOTORSPORT.com Davide Brivio, Manager Tim Suzuki MotoGP.

"Sahara menghubungi saya di Facebook, itu aneh karena saya jarang main Facebook. Saya punya akunnya, tetapi tidak menggunakannya. Saya melihat ada pesan," katanya mengutip Motosport-Total, Selasa (26/1/2021).

"Sahara menulis ke saya. Dia ingin tahu apa rencana Rossi. Dia mengatakan, Suzuki ingin kembali ke MotoGP pada 2014 dan ingin tahu apakah Rossi ingin membalap untuk mereka," katanya.

Selanjutnya, Brivio bicara kepada Rossi, tetapi The Doctor menolak tawaran Suzuki. Alasannya, saat itu Rossi sedang frustrasi di Ducati dan ingin kembali ke Yamaha.

"Saya sudah bicara dengan Rossi, tapi dia bilang Suzuki tidak menarik," katanya.

"Rossi ingin kembali ke Yamaha, jadi dengan ramah saya memberitahu Sahara bahwa Valentino tidak tertarik," kata Brivio.

Baca juga: Ini Peran Valentino Rossi di Tim Satelit MotoGP 2021

Ritual Valentino Rossi. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)JEAN-FRANCOIS MONIER Ritual Valentino Rossi. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

Selanjutnya Sahara menawarkan Brivio pekerjaan di Suzuki. Tugasnya sulit, yaitu membangun tim yang baru kembali ke MotoGP.

"Kemudian kami mulai berbicara sedikit dan Sahara ingin tahu apakah saya tertarik membentuk tim. Saya menerimanya dan menyatakan minat saya. Kerja sama dimulai pada 1 April 2013," lapor Brivio.

Meski demikian, rencana comeback Suzuki baru benar-benar terlaksana 2015. Lima tahun kemudian, Suzuki berhasil membawa Joan Mir menjadi Juara Dunia MotoGP 2020.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X