Ini Peran Valentino Rossi di Tim Satelit MotoGP 2021

Kompas.com - 26/01/2021, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap veteran Valentino Rossi akan memperkuat tim satelit Petronas Yamaha SRT di MotoGP 2021.

Setelah 15 tahun dan meraih empat titel juara dunia MotoGP, The Doctor tidak lagi memperkuat tim pabrikan Monster Energy Yamaha MotoGP di musim mendatang.

Kendati demikan, Bos tim Yamaha Lin Jarvis menegaskan bahwa Valentino Rossi masih tetap memegang peran besar untuk mengembangkan motor YZR-M1.

Baca juga: Jadwal Baru MotoGP 2021: Ceko Keluar, Indonesia Masih Cadangan

"Memang benar bahwa bagian dari pengembangan dipimpin oleh tim pabrikan, tapi Valentino Rossi tetap akan mengendarai motor versi pabrikan. Hal ini menjadi faktor yang sangat penting dalam pengumpulan data." ucap Jarvis dikutip dari Speedweek, Senin (25/1/2021).

Valentino Rossi saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Valentino Rossi saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Menurut Lin Jarvis, cara tim pabrikan Yamaha untuk mengembangkan motor tidak akan berubah meski kini pebalap asal Italia itu turun takhta ke tim satelit Petronas Yamaha SRT.

“Penting untuk memiliki banyak pembalap di lintasan. Dan tidak diragukan lagi, bahwa teknisi kami akan menggunakan data dari Fabio Quartararo, Maverick Vinales dan Valentino sebagai dasar untuk meningkatkan motor," katanya.

Baca juga: Alasan Pebalap VR46 Sering Latihan Flat Track

"Itu sebabnya tidak banyak yang berubah di sana, tidak akan ada defisit karena Valentino Rossi ke tim satelit, dan cara kami mengembangkan motor tidak akan berubah," lanjut Jarvis.

Di musim mendatang, Valentino Rossi akan bertandem dengan Franco Morbidelli untuk membela tim satelit Petronas Yamaha SRT. Sementara posisinya di tim pabrikan akan digantikan oleh Fabio Quartararo yang akan bahu membahu bersama Maverick Vinales.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.