Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Human Error, Jadi Penyebab Utama Kecelakaan di Jalan Tol

Kompas.com - 26/01/2021, 18:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKecelakaan di jalan tol bisa disebabkan oleh human error atau kesalahan dari manusia. Salah satu kesalahan pengemudi yang kerap terjadi pada pengemudi di jalan tol adalah hilangnya kewaspadaan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, hilangnya kewaspadaan saat mengemudi terjadi akibat kurangnya kesadaran akan pentingnya gaya mengemudi yang tidak menyebabkan kecelakaan.

Selain hilangnya kewaspadaan, ada tiga hal lagi yang bisa menyebabkan kecelakaan yaitu Alertness, Attitude dan Anticipation.

Empat hal ini bisa menjadi penyumbang terjadinya kecelakaan di jalan tol.

Baca juga: Kebiasaan Buruk Pengemudi Truk yang Berbahaya, Gigi Netral di Turunan

Kecelakaan terjadi di Jalan Tol Batang-Semarang, Minggu (3/3/2019) menewaskan satu orang dan dua lainnya luka-lukaDok. PT Jasamarga Semarang Batang (PT JSB) Kecelakaan terjadi di Jalan Tol Batang-Semarang, Minggu (3/3/2019) menewaskan satu orang dan dua lainnya luka-luka

Alertness artinya kewaspadaan pengemudi harus selalu terjaga. Attitude adalah perilaku positif dalam mengemudi yang mampu menghindari potensi bahaya dan antisipasi yaitu mempersiapkan segala sesuatu sebelum mengemudi untuk menghindari kecelakaan,” ucap Sony kepada Kompas.com, Selasa (26/1/2021).

Sony mencontohkan, ada human error yang terjadi akibat dari rasa percaya diri yang tinggi saat mengemudi. Pengemudi seperti itu memang kewaspadaannya tinggi, tapi bisa gagal karena mengabaikan prinsip keselamatan lainnya.

Baca juga: Pelek Peang Akibat Hantam Lubang di Jalan Tol, Bisa Minta Ganti Rugi?

Mengemudi itu harus terukur, kewaspadaan tidak boleh turun atau malah terlalu percaya diri. Over PD ini yang akan membuat pengemudi mengabaikan kewaspadaan,” kata Sony.

Jalan tol yang kosong memang membuat cara mengemudi lebih monoton. Bahaya dari situasi yang monotn tadi adalah pengemudi terlalu merasa aman sehingga kewaspadaannya menurun, ini lah yang bisa jadi bahaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com